-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Mahasiswa Wamena Serahkan Proposal Pembangunan Asrama ke Pemkab Yahukimo

Senin, 21 November 2022 | November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T23:56:15Z


Wamena (kabar-nusantara.com) -  Koordinator mahasiswa Yahukimo yang studi di Jayawijaya menyerakan  proposal pembagunan asrama mahasiswa kepada  Pemkab  Yahukimo melalui Dinas Pendidikan, Kamis (17/11/22)


Pengurus organisasi mahasiswa Wamena, Apner Yalehet menyatakan menyampaikan aspresiasi kepada Pemkab Yahukimo yang sangat memperhatikan mahasiswa dengan rencana membangun asarama mahasiswa di Wamena tahun 2023. 


"Kami mahasiswa Wamena selama ini  tidak memiliki  asrama, kami sering berfikir untuk asrama ini, maka ketika diminta membuat  proposal kami langsung  siapkan proposal tersebut," kata Apner Yalehet.



Dia menyatakan hasil dari pada itu proposal  diserakan kepada Dinas Pendidikan  Bagian Kesera oleh Ketua Korwil bersama  Pengurus lainya, mahasiswa berharap tahun 2023 Pemkab Yahukimo benar-benar merealisasikan membangun Asrama mahasiswa tersebut.


"Tujuan kami Pegnurus mahasiswa mendukung rencana pembangunan asrama itu, karena Pemkab Yahukimo belum ada asrama, program ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, dan kedepan bisa menjadi aset Pemkab  Yahukimo," terangnya.


Menanggapi hal itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo,  Akso Balingga menyampaikan pihaknya akan membangun dua  Asrama. Yaitu Asrama untuk putara  dan asrama untuk putri di Wamena  pada tahun 2023. 


Mengingat di Wamena menjadi Provinsi  Papua Pengungan, maka adik-adik mahasiswa bersama Pemkab harus bisa bekerjasama saling mendukung program-program Pemkab Yahukimo.


"Saya akan koordinasi dengan  Bapak Bupati agar mempercepat pembangunan Asrama mahasiswa ini," jelasnya. 


Sementara itu Kabag Kesra, Enius Yuai, S.IP menambahkan pihaknya  sangat mendukung dengan progam pembangunan asrama ini, "kami akan usulkan pada  sidang DPRD tahun 2022 ini, agar pada 2023 bisa membangun asrama. Karena DPRD Komisi C Bidang Pendidikan dan Kesehatan  yang akan mengangkat dalam sidang anggaran," katanya. 


Selanjutnya Ketua Korwil mahasiswa Yahukimo kota studi Jayawijaya Piniet Bahabol menambahkan,  pengurus selama ini  terus-menerus menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Yahukimo, baik secara  lisan  maupun tulisan mulai tahun  2019 sampai dengan tahun 2021. 


"Akhirnya hari ini 17 November 2022 sesuai permintaan Pemkab Yahukimo, saya menyerahkan Proposal Pembagunan Asrama  kepada Pemkab  Yahukimo." ungkapnya. 


Pahabol menambahkan di Wamena jumlah mahasiswa sangat banyak dengan kota studi lain, maka Wamena sudah waktunya memiliki Asarama  mahasiswa. 


"Tujuanya agar para mahasiswa bisa saling mengenal sama yang lain, bertukar fikiran, melaksanakan ibadah bersama, seminar dan diskusi memecahkan persoalan melalui wadah ini," terangnya. 


Sejarah terbentuknya Kabupaten Yahukimo  mulai tahun 2003 - 2022  berarti sudah 20 tahun, namun selama ini belum memiliki Asrama mahasiswa, itulah yang menjadi kendala bagi para mahasiswa Yahukimo di Kota Wamena. 


"Kami sudah  menyampaikan  informasi didepan ribuan  mahasiswa dan mahasiswi  menyangkut program Pemkab  Yahukimo ini di Gedung Soska. Mereka semua setuju untuk membangun asrama mahasiswa di Wamena," tutup Piniet Bahabol. (tim liputan redaksi) 


×
Berita Terbaru Update