-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Bupati Malaka Crosscek Kelompok Tani Penerima Bantuan.

Selasa, 22 November 2022 | November 22, 2022 WIB Last Updated 2022-11-22T07:04:21Z


Malaka (kabar-nusantara.com) - Bantuan  aspirasi DPR RI kepada Kelompok Tani berupa alat dan mesin pertanian, yakni pipil jagung dari Yohanis Fransiskus Lema (AnsiLema) dari fraksi PDIP, maka Bupati Simon  mengadakan crosscek ke Petani, Senin (21/11/22) . 

Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH, MH perlu menindaklanjuti dan mengadakan crosscek terhadap penerima, sebelum dilakukan penyerahan pada Senin 21 November 2022  di Kantor Dinas  Pertanian  Kabupaten Malaka. 


Kelompok penerima bantuan  diantaranya Kelompok  Sinar Arak,  Kelompok Tani Oem Tom, Kelompok Tani Neke As, kelompok Tani Sinar Mandiri. Kelompok  Tani  umariklaran Jaya, Kelompok Tani  Tunas Motaibun, Haliku Malu, dan Moris Fatik. 


 Croscek  diawali dengan data  kehadiran  dan berharap para Petani tersebut  benar-benar memiliki  lahan yang memadai, dan hasil jagung yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 


"Sebab untuk  produksi tidak hanya satu atau dua bulir jagung tetapi  jumlahnya berton-ton  dan itu tidak mungkin  kita pipil dengan tangan.  Dan hasilnya betul Kelompok ini memiliki lahan luas,   semua sudah punya  hasil jagung banyak," ucapnya. 


Setelah semua data lengkap penyerahan dilakukan oleh  Bupati Simon Nahak, dan Devin Hermin Ndolu Wakil Ketua DPRD,  Kepala Dinas Pertanian, Kepala Bidang, utusan staff ahli DPDR RI di Kabupaten Malaka.


Menurut  Kadis Pertanian  Kab. Malaka, drh. Januaria Maria Seran  mengatakan, penyerahan alat  dan mesin pertanian  kepada  Kelompok Tani  ini sebetulnya  bukan pihaknya yang tentukan, tetapi ini sudah ditentukan anggota dewan  Ansi Lema sendiri. 


"Karena ini dari hasil reses ke setiap Dapilnya, termasuk kita di Malaka ada Dapilnya pak Ansi Lema.  Jadi sudah  ditentukan kelompoknya, kami dari Dinas cuma melakukan calon penerima calon lokasi (CPCL) secara detail. 


"Playning kita  menyediakan  dokumen kita kasih ke Kelompok  dan mereka silahkan pake. Untuk peningkatan  aspirasi kami dari pertanian mengharapkan untuk para petani bisa membantu didalam meningkatkan  produksi hasil pertanian mereka," terangnya.


Oleh karena itu  segala bantuan dari dana DAU,  dana Propinsi, dana Pusat maupun hasil asiparasi dari anggota DPR seperti ini, berharap dengan pendampingan  yang baik dari  penyuluh supaya mereka bisa  melakukan pola tanam yang baik. 


Mereka bisa melakukan proses persiapan lahan yang baik, pola tanam sampai ke panennya nanti  dengan perlakuan yang baik. Dari penyuluh. 


"Dan kita berharap intervensi dari Dinas Pertanian itu adalah meningkatkan produksi," jelasnya.


"Sehingga hasil produksi jagung, hasil produksi padi, hasil roduksi komoditi yang lain itu  jumlahnya bisa memenuhi kebutuhan  masyarakat. Arahnya adalah menggerak swasembada pangan," tutup Yany. 

(Rofinus bria)

×
Berita Terbaru Update