-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

SMP N 2 Kusan Hulu Gelar Shalat Rebo Wekasan

Kamis, 22 September 2022 | September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-21T22:26:58Z


Teluk Kepayang (kabar-nusantara.com) - SMPN 2 Kusan Hulu laksanakan sholat hajat Arba Mustamir sebagai kegiatan keagamaan yang digagas oleh Wakasek Didi Hamsari selaku guru agama, bertempat di halaman terbuka dekat Musholla Babul Jannah.Rabu 21/09/22 pagi. 


Dalam keterangannya, Didi Hamsari mengungkapkan, sholat hajat Arba Mustamir atau sholat tolak dilaksanakan pada Rabu terakhir bulan safar. Nama lain dari Arba Mustamir disebut juga  Rebo Wekesan. Umat islam percaya bahwa hari itu adalah hari sakral  beribadah untuk menghindari segala peristiwa buruk/musibah. 


"Ada beberapa hal yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan Arba Mustamir ini, pertama untuk menumbuhkan silaturahmi dan kebersamaan antara guru dan siswa dalam melaksanakan ibadah dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," ujar Didi.



Kedua untuk menumbuhkan rasa cinta dan kesadaran bagi siswa dalam memperingati dan mengingat beberapa kegiatan ritual keagamaan dalam islam. Salah satunya ritual tolak bala yang sudah dilaksanakn beberapa ulama dan orang tua kita terdahulu agar mendapatkan perlindungan. 


Sementara itu, Asmuni yang juga guru agama dan pembina kegiatan Jum'at Islami menambahkan, inti dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi SMPN 2 Kusan Hulu tentang Arba Mustamir.


"Selain menambakan pengetahuan juga menanamankan karakter tentang hikmah sholat hajat Arba Mustamir bagi siswa dan siswi," tutur Asmuni.


Kemudian Kepala Sekolah SMPN 2 Kusan Hulu, Sri Supadmi dalam arahanya, mengajak seluruh guru dan staf TU untuk bersama-sama membentengi diri dengan ikut melaksanakan kegiatan tersebut.


"Saya sangat mendukung kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi sekolah, salah satunya membentuk generasi yang cerdas dan religius," ungkap Padmi.


Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang bernuansa religi tentu akan memberikan pengaruh positif kepada seluruh peserta didik. Sehingga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME melalui sholat hajat, membaca yasin serta doa bersama. (Ahmad Riyan) 


×
Berita Terbaru Update