-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Perempuan Agabag Harus Bangkit dan Bersatu Wujudkan Cita-cita Bersama

Jumat, 23 September 2022 | September 23, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T20:02:27Z


Nunukan (kabar-nusantara.com) - Ketua Komunitas Perempuan Adat Dayak Agabag (KPA-DA), Pdt Tini Nilasan, STh  menyatakan merangkul dan mengajak semua perempuan Agabag supaya bangkit dan bersatu dalam mewujudkan cita-cita bersama pada rapat kerja, KPA-DA, di tanjung hulu, kecamatan Lumbis, kabupaten Nunukan Kamis (22/09/2022).


Rapat kerja (KPA-DA) ini baru pertama dilakukan pasca terbentuk pada Ilau di Lumbis ogong, karena banyak kesibukan tapi bersyukur hari ini banyak yang hadir khususnya kami perempuan Agabag, kata Tini. 



Raker ini lebih menitik beratkan pada persoalan mendasar yang tengah dialami para perempuan Dayak Agabag, harapan saya perempuan Agabag bangkit dari keterpurukan selama ini. Harus maju dalam berbagai hal termasuk dalam bidang ekonomi kreatif. Jangan fokus melakukan hal-hal yang membuat tidak berdaya, membuat tidak maju, perempuan Agabag bisa melakukan hal-hal yang luar biasa untuk keluarganya, lingkungannya dan sukunya.


"Intinya Perempuan Agabag harus maju," tegas Tini.


Selama ini banyak perempuan Agabag yang tidak bisa berbuat apa-apa, hanya sebagai ibu rumah tangga mengurus keluarga, padahal perempuan Agabag harus lebih dari itu apalagi sekarang ini sudah banyak perempuan Agabag yang sarjana, karena itu dalam program kerja kami, kami mau berdayakan mereka supaya berani terlibat dan berkembang.


Diakui atau tidak pada saat ini peranan wanita sangatlah besar dalam berbagai bidang. Seperti pendidikan, sosial, budaya, ekonomi dan hukum, bahkan peran wanita bisa kita lihat di ranah publik, seperti politik dan bukan tidak mungkin perempuan perempuan Agabag bisa terlibat. Tutup Kartini Agabag ini.




Senada dengan yang disampaikan oleh ibu Agnes Aprilia Jahari istri dari Sekcam Lumbis Pansiangan, ia mengatakan bahwa saatnya Perempuan Agabag itu harus melek dengan perkembangan baik IPTEK maupun hal-hal lain.


"Kita kedepan harus pusatkan ke pengelolaan Ekonomi Kreatif Rumah Tangga sehingga hasil kebun kita dan lain sebagainya dapat kita jadikan pundi-pundi rupiah untuk kebutuhan rumah tangga kita," tuturnya.


Ditempat terpisah, kepala lembaga adat besar Dayak Agabag Yohanes Sukuan mengapresiasi dan bangga atas terselenggaranya Raker (KPA-DA) ini, kami mendukung secara penuh dan siap membantu program kerja dari (KPA-DA) ini pungkas Yohanes.


Turut hadir dalam Raker (KPA-DA) Karel sampoton ( anggota DPRD kaltara) Hermanus, S.sos ( anggota DPRD kaltara) Kristian Pantalon ( kepala lembaga adat besar Lumbis) Robert Atim, Spdk ( ketua dewan adat Dayak Agabag Nunukan) Alson, S.sos Msi ( ketua ikatan intelektual Dayak Agabag)


Setelah selesai Raker, para peserta menyeruhkan Yeyel, Daanu nu Agabag Bangkit, Daanu nu Agabag Mingkotog Daanu nu Agabag Maju (Roni Duman)

×
Berita Terbaru Update