-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Masyarakat Perlu Awasi Program Pemerintah, Cegah KKN

Senin, 26 September 2022 | September 26, 2022 WIB Last Updated 2022-09-26T16:24:21Z

Oleh: Yusan


Mengingat banyaknya program Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin dan Kecamatan bahkan  sampai ke Pemerintah Desa-desa dengan demikian saya, Yusan Kabiro media Kabar Nusantara mengajak  masyarakat Banyuasin untuk turut serta mengawasi kinerja pelaksanaan  program-program tersebut.


Hal ini guna mencegah kemungkinan terjadinya korupsi dan nepotisme (KKN) ini  bukan hanya menjadi perhatian dari aktivis anti korupsi tetapi  perlu juga menjadi perhatian serius dari segenap elemen masyarakat.


Tanpa terkecuali, kami mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan untuk ikut serta mengawasi program-program yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa maupun  Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin. 


Dalam menyikapi perihal ini sangatlah penting guna membantu pemberantasan korupsi yang banyak terjadi dan juga untuk mendukung kelancaran program-program  yang berlangsung.


Sesuai dengan himbauan dari Pemerintah Pusat dan aparat penegak hukum (APH) agar seluruh lapisan  masyarakat ikut serta mengawasi jalannya pembangunan dari berbagai macam jenis kegiatan yang ada di Desa-desa.


Menurut saya saat sekarang ini  sangat banyak birokrat yang kong-kalikong dengan  para pengusaha yang bermental bobrok,  mereka tidak takut melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. 


Jika semua warga masyarakat ikut serta mengawasi secara internal dalam hal tersebut agar tidak terjadi hubungan antara pejabat dan oknum pelaksana proyek yang kurang baik, maka sebaiknya seluruh elemen masyarakat turut ambil bagian mengawasi segala bentuk kegiatan dan  program seperti misalnya penyaluran  PKH, BLT-DD, PIP, pembangunan  Insfratruktur dan  lain-lainya.


Apabila hal demikian bisa dilakukan pengawasan secara internal oleh warga masyarakat dan  terkoordinasi dengan baik, maka oknum-oknum jahat itu akan merasa takut dan tentu hal demikian bisa mempermudah kinerja aparat penegak hukum (APH)  Maka dari itu semua elemen masyarakat tidak perlu takut melaporkan ke Aparat apabila menemukan indikasi penyelewengan dan kecurangan.


Kemudian himbauan saya, seluruh elemen masyarakat harus berani mengadakan kritik kepada Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan maupun Kabupaten, berani tampil  berbicara dan berani melaporkan segala kecurangan. 



Yusan, Kepala Biro media Kabar Nusantara. Kab. Banyuasin

Senin, 26/9/22.

×
Berita Terbaru Update