-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Wakil Bupati Yahukimo Buka Turnamen Bola Volly KNPI Cup ke-I

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-11T02:32:54Z

 


Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram menyampaikan, dalam kesempatan yang baik ini ada  beberapa hal yang penting dari kegiatan ini, yang mana DPD KNPI Kabupaten Yahukimo mempunyai inisiatif untuk melakukan kegiatan.  


"Dalam hal ini KNPI sudah melibatkan semua unsur kepemudaan Yahukimo," kata Wakil Bupati.


Lebih lanjut Wakil Bupati menyatakan bahwa hal Ini adalah bagaimana ~kita~ membangun persatuan dan kesatuan Pemuda Yahukimo, karena Pemuda Yahukimo lah yang punya andil untuk daerah ini.


 "Pemuda Yahukimo ~lah yang~ harus  punya andil untuk masa depan Yahukimo ini. Ya hari ini kami yakin generasi inilah yang akan memimpin Yahukimo," tambah Wakil Bupati.


Wakil Bupati Esau Miram menambahkan,  dimasa yang akan datang sepuluh atau duapuluh tahun lagi   maka  kepemimpinan ada di tangan generasi muda Yahukimo hari ini.


Itu sebabnya dalam kegiatan seperti ini pentingnya keterlibatan pemuda. Khususnya ~anak~ Putra Daerah Kabupaten Yahukimo sebagai yang punya rumah harus bisa menjadi tuan rumah tempat ini. 


"Kalau kita disebut dengan kita punya rumah maka kita harus jadi teladan, kalau kita punya rumah harus kita jaga rumah besar Yahukimo, itu tanggungjawab pemuda hari ini," jelas Esau Miram.


Kalau hari ini ~kita~ Pemuda merusak rumah kita Yahukimo. ~Kita~ maka tidak mungkin akan ke tetangga sebelah-menyebelah yang demikian itu tak boleh terjadi.


"Tetapi Yahukimo ini adalah rumah kita, karena itu Pemuda jaga persatuan dan kesatuan karena masa depan itu ada di tangan anda para Pemuda ini," tegas Wakil Bupati.


Itu hal yang pertama, lalu hal yang kedua adalah pertandingan hari ini merupakan yang pertama, karena ada Piala Bergilir yang ke-1.  


"Itu sebabnya, kami sebagai Pemerintah Daerah berharap supaya kalau kegiatan ini perdana atau Piala Bergilir yang perdana,  maka harus dijaga sportivitas," harapnya.


Karena kalau hari ini tim yang sudah terdaftar hampir 30 an lebih ini  bisa menunjukkan sikap sportivitas. Kemudian ada gesekan-gesekan bahkan kalau sampai  ada konflik antara tim. Maka itu Pemerintah  akan gugurkan Piala itu. 


"itu catat baik-baik, karena kami tidak mau terjadi hal itu diantara tim.  Apalagi tadi bapak Kapolres sudah kasih semangat ini hanya persahabatan, tetapi yang akan dipertandingan itu bapak Kapolres bisa bawa tim dari sini ke Jayapura," terang Wakil Bupati.


Yakni untuk menghadapi Kapolda Cup. Jadi hari ini masing-masing harus  tunjukkan skilmu. Masing-masing harus  tunjukkan sportivitas baik pemain maupun juga tim official sporter harus menunjukkan kedewasaan. 


"Satu hal yang perlu kita jaga kita di Yahukimo kita mental kadang-kadang kita mental susah jaga mental kita. Tapi saya yakin sekali kita tidak mungkin ada di standar itu. Tapi semakin hari semakin kita belajar, semakin kita dewasa harus Yahukimo juga bisa," tandasnya.


"Kita menjaga mental kemudian kita harus tunjukkan sikap kita. Kemudian kalau pemerintah melihat kemajuan-kemajuan ini. Tidak menutup kemungkinan kita  akan bawa promosi keluar,  baik ke jurda maupun  ke jurnas," papar Wakil Bupati Esau Miram.


Kalau ada tim yang macam-macam Panitia harus tegas, langsung ditegur.  Hal yang berikut adalah  suporter harus menjaga kata-katanya,  jangan terpancing  bahasa-bahasa  kebun binatang, itu harus stop sudah. 


"Kita sepakat toh! Yang bahasa-bahasa kebun binatang itu. Kalau kita mau lagi piala bergilir ini direbut tahun depan lagi. Jaga mulut kita masing-masing. Jaga hati, jaga mata, semua kita harus jaga ya, itu kita sudah sepakat, panitia harus tegas, kalau ada tim yang macam-macam lebih baik digugurkan ~dalam perjalanan~  begitu," tuturnya.


Wakil Bupati Esau Miram menambahkan,  supaya  masing-masing menahan diri, menahan emosi. Harus siap mental kalah atau menang itu sudah biasa. Tetapi bagaimana kita memupuk persatuan pemuda Yahukimo itu yang terpenting.  Pemerintah Daerah  sedang menguji coba kepada KNPI. Kalau  sukses tahun depan kita bikin yang meriah sekali. 


"Jadi, karena ini yang perdana semua ini kita sudah disiapkan kepanitiaan di Pemerintah Daerah  kami glir. Kalau KNPI hari ini sukses maka yang tadi saya bilang tahun depan itu, kita bikin yang lebih meriah itu untuk catatan kepada KNPI. 


"Lalu hal yang lain ~juga~ saya mau sampaikan untuk pemuda. Ya, kita dengar kepengurusan kepemudaan ini ada dualisme.  Kalau urusan itu penyelesainya ada di pengurus pusat. Jadi kita Pemerintah Daerah  siap saja kerjasama," terang Wakil Bupati. 


"Supaya keterlibatan pemuda dalam ikut membangun Kabupaten Yahukimo bersama Pemerintah itulah yang kami harapkan," pungkasnya.

(Isak Silak)

×
Berita Terbaru Update