-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Uniba Siap Jadi Kampus Terdepan di IKN

Sabtu, 18 Juni 2022 | Juni 18, 2022 WIB Last Updated 2022-06-18T08:29:22Z
Foto. Menteri Airlangga saat menerima cindera mata dari Uniba


BALIKPAPAN (kabar-nusantara.com) -Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan silaturahim ke Kampus Universitas Balikpapan (Uniba) untuk bertemu langsung dengan jajaran akademisi dan mahasiswa Uniba, Sabtu 18/6/23


Kedatangan Airlangga yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk memberikan kuliah umum tentang pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 


"Pemindahan IKN ke pulau Kalimantan sudah sebuah keharusan," kata Airlangga kepada para hadirin. 


Menurut Airlangga kondisi Jakarta saat ini sudah tidak mampu memikul beban sebagai pusat pemerintahan negara, karena itulah pusat pemerintahan dipindahkan ke pulau Kalimantan supaya ada pemerataan pembangunan dan pemerataan kegiatan kenegaraan. 


Nantinya IKN ini lanjut Airlangga akan menjadi kota Internasional berkonsep kota hijau dan ramah lingkungan serta kota pintar sehingga lingkungan hijau yang ada akan tetap dipertahankan bahkan akan diperbaiki menjadi lebih bagus lagi. 


Karena itulah dirinya mengajak Uniba untuk menjadi yang terdepan dalam membangun dan mensukseskan pemindahan IKN ini. 


"Uniba harus bisa menjadi kampus excellant dalam membangun IKN," ujar Airlangga. 


Dirinya menantang Uniba untuk bisa menghasilkan berbagai penelitian yang bisa digunakan untuk pembangunan IKN. Karena Uniba ini berada di dekat kawasan IKN,  maka harus bisa berperan besar dalam memajukan IKN nantinya. 


Hal yang sama disampaikan oleh Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengajak Uniba untuk bekerjasama dalam pembinaan dan penyediaan Sumber Daya  Manusia profesional dan berkualitas. 


"Banyak tenaga yang dibutuhkan nantinya untuk pembangunan IKN,   semoga Uniba bisa menyiapkannya," kata Agus. 


Dalam kesempatan tersebut Kementerian Perindustrian pun telah melakukan kerjasama dengan Uniba untuk melaksanakan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa,  dimana nantinya Kementerian Perindustrian siap membantu dan menyiapkan segala keperluan mahasiswa untuk peningkatan kualitas pendidikan mereka. 


Kuliah Umum ini dihadiri oleh Hetifah Syaifudian,  Rudy Mas'ud (keduanya anggota DPR RI dari Kaltim)  Rektor Uniba Isradi Zainal,  Ketua Dewan Pembina Yapenti Uniba Rendi Susiswo Ismail,  Ahmad Dolli Kurnia,  Meuthia Hafid, Nurul Arifin dari DPR RI,  para dosen dan mahasiswa Uniba. 


Saat ditemui di lokasi acara,  Rendi Susiswo Ismail siap menyambut tantangan Menteri Airlangga untuk menjadikan Uniba sebagai kampus terdepan dalam mensukseskan pemindahan IKN. 


"Uniba siap menjadi kampus terdepan di IKN, " tegas Rendi. (are)

×
Berita Terbaru Update