-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Warga Sukamaju Demo Polres Karo Terkait Penangkapan Edy Ergunanta Ginting

Minggu, 29 Mei 2022 | Mei 29, 2022 WIB Last Updated 2022-05-29T03:24:58Z


Tanah Karo (KABAR NUSANTARA) - Warga Desa Sukamaju Kecamatan Tigapanah kembali gelar aksi demo susulan terkait penangkapan Edy Ergunanta Ginting dalam pertikaian sengketa lahan Siosar, tepatnya di Markas Polres, Jalan Veteran Kabanjahe, Sabtu (28/5/2022) pukul 21:00 WIB 


Tuntutan warga Desa Suka maju dalam demo tersebut meminta agar Polisi  melepas Edy Ergunanta Ginting, dan  bila tak ditanggapi mereka akan terus melakukan aksi, mereka siap tidur di Mapolres sampai pagi di gerbang pintu masuk Mapolres Karo, hal ini diutarakannya kepada awak media.


Sebelumnya, penangkapan Edy Ergunanta Ginting dipertanyakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) IPK Karo Juliadi Kaban, SH ke Polres Karo, bahwa penangkapan kliennya misterius tanpa adanya surat resmi, tindakan ini sangat disesalkan. 



"Kami akan mengajukan praperadilan agar ada kejelasan status klien kami, sesuai Peraturan Kapolri, bahwa tugas dan wewenang penanganan perkara pidana dalam pelaksanaannya sangat rawan terjadi penyimpangan yang dapat menimbulkan pelanggaran hak azasi manusia," kata Juliadi Kaban, SH.


Diduga penangkapan itu terjadi akibat perseteruan sengketa lahan Siosar antara warga Desa Sukamaju dengan PT BUK terus berlanjut hingga menimbulkan korban jiwa, ada 17 orang telah diamankan Polisi, 16 orang diataranya dari PT. BUK dan 1 orang dari warga setempat. 


Menurut Pimpinan PT. BUK lahan yang sengketa adalah miliknya yang berstatus hak guna usaha (HGU) yang diterbitkan seluas 8,95 hektar.  Sementara menurut versi warga mengklaim tanah tersebut merupakan tanah Ulayat dan berstatus hutan.


Sementara itu pihak aparat dalam penyelidikan peristiwa bentrokan tersebut, sesuai hasil pengembangan ada tambahan seorang warga Desa Sukamaju atas nama Edy Ergunanta Ginting diduga ikut terlibat, kemudian diamankan di Polres Karo sehingga warga tidak terima dan melakukan aksi demontrasi. (Pradipta Semb)


×
Berita Terbaru Update