-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Uskup Atambua Timor Tahbis Gereja di Malaka - NTT

Minggu, 15 Mei 2022 | Mei 15, 2022 WIB Last Updated 2022-05-17T20:04:09Z


Malaka (kabar-nusantara.com) - Uskup Atambua Timor, Mgr. Dominikus Saku Pr, hadir di Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menabiskan salah satu Gereja di Dekenat  Malaka, pada 13 Mei 2022


Pentahbisan Gereja Sta. Maria Fatimah Betun ini diawali pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr.  dan  Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH. M.H. 


Di saksikan wakil Bupati, Louize lucky Taolin, S. Sos, Ketua DPRD, Adrianus Seran Bria, Kapolres Malaka dan para  Biarawan /biarawati. umat  dan sejumlah awak media di Betun. Kehadiran Mgr. Dominikus di dampingi Bupati Malaka untuk tahbisan Gereja Sta. Maria Fatima  Betun,  ini adalah Gereja pusat Dekenat Malaka, keuskupan Atambua Timor.


Gereja ini dibangun oleh Rm. Edmundus  Sako Pr. selaku pastor Paroki dan Romo  Dekenat  Malaka bersama  Bupati Malaka periode 2016/2021 lalu, dr. Stefanus Bria Seran, M. Ph bersama semua para donatur umat paroki Sta. Maria Fatimah Betun sejak  6 Maret 2017 hingga selesaikan pada 5 Mei 2022. 


Peresmian dilakukan oleh Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH. M. Hum. Adapun Pentahbisan oleh Uskup Atambua yang dimeriahkan dengan arak-arakan umat dan diiringi tarian likurai, siang itu semangat warga umat katolik bersatu dengan kaum Muslim Kota  Betun. Mereka turut ambil bagian pelayanan konsumsi. 


Dalam khotbahnya Uskup Atambua Timor Mgr. Dominikus menyebutkan,  "bahwa gereja adalah tempat kita semua berkumpul, imam umat dan orang-orang baik, menjadi satu kesatuan yang kokoh," ungkapnya.


"Ini tempat suci kita semua, dari tempat ini kita tingkatkan doa, ya Allah semoga di tempat ini nama-Mu dimuliakan,  berkatilah tempat ini semoga keselamatan semakin digalakan,  itulah makna dari doa," tuturnya.


Gereja sebagai tempat berkumpul, dan gereja  sebagai  rumah Allah, didalam gereja ini kita semua datang berkumpul umat dan para imam, orang-orang baik  semua berkumpul sebagai satu kesatuan yang kokoh. 


Lebih lanjut Mgr. Dominikus menyampaikan, "kita sebagai gereja yang hidup dimana diri-Nya sebagai peristiwa patung hidup.  Tuhan Yesus menggiring kita mengajar kita untuk semakin mengangkat diri kita sebagai Kenisa Allah. Bagaimana menurut sabda bahwa diri kita adalah bait suci Allah," ungkapnya. 


Mgr. Dominikus Saku Pr.  menutup khotbahnya dengan mengucapakan  "selamat merayakan pesta pentahbisan Gereja Paroki Sta. Maria Fatimah Betun. semoga Tuhan memberkati kita semua," tutupnya. 


Sebagai informasi bahwa Gereja Sta. Maria Fatimah Betun adalah Gereja pusat Dekenat Malaka  keuskupan Atambua Timor.  (Rofinus Bria) 

https://youtu.be/uVz0QHRk1Os


×
Berita Terbaru Update