-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Masyarakat Tiga Desa di Sembakung Atulai Berswadaya Perbaiki Jembatan

Selasa, 17 Mei 2022 | Mei 17, 2022 WIB Last Updated 2022-05-17T09:21:17Z


Nunukan (kabar-nusantara.com) -  Masyarakat tiga Desa di Kecamatan Sembakung Atulai, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara bergotong royong memperbaiki jembatan rusak yang menghubungkan jalan poros Desa Liuk Bulu, Binanun dan Pulau Keras. Mereka bergotong royong dengan peralatan seadanya, Selasa (17/5/2022).


Tommy, salah satu tokoh Pemuda Desa Liuk Bulu saat dihubungi awak media  menuturkan, "jembatan ini sering  jebol, apalagi saat musim hujan sungai Sembakung meluap mengalir ke sungai Salang sehingga membuat tanah timbunan terkikis air lalu jebol," jelas Tommy.



Menurut Tommy konstruksi jembatan ini sesungguhnya tidak memenuhi standar yang layak, bahkan menurutnya berpotensi bisa menelan korban, apalagi hanya dikerjakan swadaya masyarakat, yang tak memiliki perencanaan maupun kemampuan teknis yang memadai. 


"Kami berharap, Pemerintah Daerah  Nunukan serius memperhatikan masalah kerusakan jembatan tersebut, karena segala macam infrastruktur ini merupakan kewenangan dan tanggung jawab dari Pemerintah Daerah," ucapnya. 


Ia menambahkan upaya yang dilakukan oleh warga dari tiga Desa ini sudah maksimal untuk memperbaiki jembatan tersebut, mereka secara sukarela memberikan bahan material dan uang pribadi mereka untuk memperbaiki jembatan sekedar untuk bisa dilalui saja. 


Tommy membeberkan bahwa sebelumnya Pemerintah Desa sudah pernah mengusulkan melalui Musrenbang di tingkat Kecamatan, mereka juga pernah menyampaikan masalah jembatan rusak ini kepada para wakil rakyat saat anggota DPRD itu  melakukan reses di daerah itu, namun sampai saat ini belum ada upaya perbaikan dari Pemda. 


"Bahkan kami pernah mendapat janji politik dari ibu Bupati Nunukan yang ditandatangani diatas materai. Ada beberapa fakta integritas yang tertuang dalam surat perjanjian itu, salah satunya adalah tentang perbaikan jembatan kami tersebut," tutup Tommy.  (Roni Duman)


×
Berita Terbaru Update