-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Jeniardi Mali Seorang ART Dorong Pengangguran Cari Kerja Lewat PT. SPA

Sabtu, 09 April 2022 | April 09, 2022 WIB Last Updated 2022-04-09T06:50:25Z


Atambua (kabar-nusantara.com) - Jeniardi Mali seorang wanita asisten rumah tangga (ART) asal Desa Sisi Fatuberal Kecamatan Lamaknen Selatan, Kab. Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru selesai kontrak kerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) melalui PT SPA,  Jumat 08/04/2022


Ia menjelaskan hal ini melalui telpon,  pertamakali berangkat dari Atambua sampai di Jakarta melalui PT Setia Prestasi Amandari (SPA) yang beralamat di Tangerang Selatan.


"Saya tahu pekerjaan ini awalnya karena ada  petugas PT. SPA yang datang dirumah orang tua saya menawarkan lowongan kerja di Jakarta. jenis pekerjaan yang ditawarkan Baby  Sitter, Nany Sitter, Perawat Lansis dan Asisten Rumah Tangga (ART), " kata Jeniardi.


Tiap jenis pekerjaan yang ditawarkan dengan rincian gajinya berbeda - beda, saya dengan orang tua setuju mengisi formulir lalu tandatangan melengkapi persyaratan dan datang ke kantor Desa minta surat pengantar, setelah itu datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja. 


"Setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja saya dengan teman - teman berangkat ke Kupang masuk Balai Latihan kerja (BLK) selama satu minggu setelah pelatian mendapat sertifikat lalu berangkat ke Jakarta," ujar Jeni.


Sampai Jakarta jenis pekerjaan yang ditawarkan masing - masing bisa memilih sendiri, "saya lebih memilih asisten rumah tangga (ART) karena tidak ada biaya pendidikan dan ingin cepat bekerja, pelatian hanya tiga  hari, " kata Jeni.


Sedangkan untuk jenis pekerjaan Baby Sitter Nani sitter dan Perawat Lansia  lama pendidikan tiga sampai ampat minggu, setelah itu baru bisa kerja dan ada biaya pendidikan, yang cara bayarnya mengansur setelah bekerja. itu semua sudah dijelaskan oleh petugas, "dan saya dengan orang tua setuju, " ujar Jeni.


"Saya bersama teman - teman berangkat dari Kupang ke jakarta pada 25/01/2020 saat di asrama PT (SPA) diijinkan pegang HP untuk komunikasi dengan kelurga. Mendapat tiga kali makan sehari, gaji yang dijelaskan oleh petugas sesuai saya masuk kerja pada 30/01/2020 berakhir 30/01/2022. saya selesai kontrak dua (2) tahun tidak ada potongan gaji saya trima gaji 24 bulan, " kata Jeni.


Penjelaskan ini  diberikan agar jika ada yang ingin bekerja ke Jakarta bisa datang ke Disnaker dan minta surat  rekomendasi untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan melalui PT. Setia Prestasi Amandari. (Blasius) 

×
Berita Terbaru Update