-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Catatan Tajam untuk 4 Menteri yang Mau Maju Pilpres 2024

Senin, 18 April 2022 | April 18, 2022 WIB Last Updated 2022-04-18T10:36:53Z

 


 

Jakarta (kabar-nusantara.com)  - Politikus senior PDIP Panda Nababan menyebut empat menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan maju di Pilpres 2024. Peneliti dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro mengatakan posisi menteri dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan popularitas. Dilansir dari laman detikNews.com, Jumat (15 Apr 2022)

 

"Tidak bisa disalahkan juga apabila ada seorang pejabat publik memanfaatkan jabatan publik tengah ia jalankan itu sebagai sarana untuk meningkatkan popularitas diri di mata publik," ujar Bawono,

 

"Di dalam era pemilihan presiden secara langsung seperti saat ini, hal itu adalah lumrah. Apalagi posisi menteri itu sendiri merupakan jabatan politik," sambungnya.

 

Bawono menuturkan saat ini yang terpenting adalah capaian target kinerja dari para menteri tersebut. Jadi tidak hanya menampilkan pencitraan diri.

 

"Terpenting adalah target capaian kinerja dari pejabat publik tersebut baik. Jadi bukan sekadar pencitraan diri saja seolah-olah telah berhasil memenuhi target capaian padahal ia tidak berhasil memenuhi," tuturnya.

 

Tidak hanya itu, para menteri yang akan mencalonkan diri disebut sebaiknya mengundurkan diri pada pertengahan 2023. Hal ini, menurutnya, perlu dilakukan agar tidak mengganggu kinerja kabinet.

 

"Yang menjadi catatan di sini apabila saat menjelang pendaftaran pasangan calon pada pertengahan tahun 2023 mendatang para menteri akan maju tersebut lebih baik mundur agar kinerja kabinet tidak terganggu dan juga agar menteri bersangkutan dapat fokus menjalani masa sosialisasi sebagai kontestan pilpres," ujarnya.

 

Bawono juga menambahkan, berdasarkan hasil survei, nama Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Sedangkan Airlangga dan Eric Thohir berada di bawah 50 persen

 

"Dari keempat nama menteri disebutkan Panda Nababan tersebut, dua nama telah memiliki tingkat popularitas tinggi di atas 80% berdasarkan temuan hasil survei dari Indikator Politik Indonesia periode 6-11 Desember 2021," tuturnya.

 

"Kedua nama itu adalah Prabowo Subianto 97,5% dan Sandiaga Uno 86,0%, kedua nama itu sudah sangat dikenal karena pernah menjadi kontestan di pilpres lalu. Sedangkan Erick Thohir dan Airlangga Hartarto memiliki tingkat popularitas di bawah 50%" imbuhnya.

 (Dwi Andayani )

 

 

Baca artikel detiknews, "Catatan Tajam untuk 4 Menteri yang Mau Maju Pilpres 2024" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6034371/catatan-tajam-untuk-4-menteri-yang-mau-maju-pilpres-2024.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

×
Berita Terbaru Update