-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Warga yang Sudah Booster Boleh Mudik, Bagaimana Nasib yang Belum?

Sabtu, 26 Maret 2022 | Maret 26, 2022 WIB Last Updated 2022-03-26T01:59:46Z
Foto ilustrasi: Pradita Utama


 Jakarta (kabar-nusantara.com) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan warga sudah bisa bebas mudik di momen lebaran tahun 2022. Namun, ini hanya berlaku untuk yang sudah mendapat dosis vaksin booster. Dilansir dari laman detiknews.com,  detikhealth, Sabtu (26/3/22)

 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapat dua kali vaksin dan satu kali booster," ungkap Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan alasan di balik hanya mengizinkan warga yang sudah booster mudik adalah untuk melindungi kaum lansia atau orang tua. Ini karena populasi lansia menjadi yang paling rentan bila sampai terinfeksi COVID-19 dan sampai saat ini masih ada juga yang belum vaksinasi.

 

Menkes Budi memberi contoh situasi di Hong Kong yang cakupan vaksinasinya tinggi, namun tidak pada populasi lansia. Gelombang kasus COVID-19 mengakibatkan angka kematian lansia Hong Kong melonjak.

 

"Kalau vaksinasi tidak lengkap, dampaknya negatif terutama pada orang tua. Orang tua ini saat Lebaran sasaran kunjungan anak-anaknya, karena itu kalau mudik sebaiknya di-booster, supaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi nanti terkena COVID-19," ujar Menkes Budi.

 

Nasib Warga Belum Booster atau Vaksin Lengkap

Untuk warga yang sampai saat ini belum mendapat booster atau melengkapi vaksin primernya (dosis satu dan dua), Menkes Budi menjelaskan akan ada syarat tes antigen/PCR bila tetap ingin mudik. Pengecekan akan dilakukan secara acak lewat aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui status vaksinasi pemudik.

 

"Kalau yang belum booster, baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin, dia harus tes PCR," lanjut Menkes Budi.

 

Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan berencana menyediakan sejumlah tempat vaksinasi di lokasi perjalanan mudik untuk memudahkan warga yang mungkin ingin mengejar status vaksinasinya. (Firdaus Anwar)

 

 

Baca artikel detikHealth, "Warga yang Sudah Booster Boleh Mudik, Bagaimana Nasib yang Belum?" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6001601/warga-yang-sudah-booster-boleh-mudik-bagaimana-nasib-yang-belum.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

×
Berita Terbaru Update