-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Syarat dan Prosedur Pengangkatan CPNS Jadi PNS

Jumat, 18 Maret 2022 | Maret 18, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T06:49:46Z
ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah(KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

 

Jakarta (kabar-nusantara.com)  -  Salah satu syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni telah menjalani masa percobaan atau prajabatan selama 1 tahun. Adapun masa prajabatan tersebut dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan (diklat).  Dilansir dari laman kompas.com, Kamis (17/3/22)

 

Hal itu seperti yang disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Instagram resminya @bkngoidofficial, Rabu (16/3/2022).

 

"#SobatBKN, lulus pendidikan dan pelatihan (diklat) selama satu tahun serta sehat jasmani dan rohani adalah syarat utama CPNS diangkat menjadi PNS," tulis BKN.

 

Namun demikian, apabila diklat tak berjalan sesuai rencana, dapat berdampak pada tertundanya pengangkatan CPNS menjadi PNS.

 

"Namun ada kalanya diklat dalam massa orientasi CPNS tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan target waktu yang disyaratkan oleh instansi karena satu dan lain hal. Kondisi ini tentunya membawa dampak tertundanya pengangkatan CPNS menjadi PNS hingga lebih dari satu tahun," lanjut penjelasan BKN.

 

Lantas, bagaimana prosedur pengangkatan CPNS yang hingga lebih dari satu tahun belum diangkat menjadi PNS?

 

Syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS Lulus pendidikan dan pelatihan (diklat) Sehat jasmani dan rohani. Sementara itu, diklat CPNS tersebut dilakukan secara terintegrasi dan hanya dapat diikuti sebanyak satu kali.

 

Diklat lebih dari 1 tahun Dari informasi yang dituliskan BKN, jika diklat CPNS tidak dapat dilaksanakan dalam masa percobaan karena kondisi tertentu, pengangkatan CPNS menjadi PNS dapat dilakukan setelah CPNS mengikuti dan lulus pelatihan prajabatan.

 

Sementara itu, terdapat beberapa alasan yang disetujui terkait hal ini. "Alasan keterlambatan Diklat yang dibenarkan meliputi ketersediaan anggaran, sarana dan prasarana pelatihan, sumber daya manusia pelatihan, dan atau kebijakan strategis nasional," demikian penjelasan BKN.

 

Aturan tersebut tercantum dalam Pasal 34 a Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2020 dan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB) Nomor B/364/M.SM.01.00/2020.

 

BKN menginformasikan, diklat bagi CPNS formasi 2018 dan 2019 baru bisa dilaksanakan paling lambat pada akhir 2022. Instansi berkoordinasi dengan BKN terkait dengan penetapan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pengangkatan menjadi PNS.

 

Pengangkatan PNS lebih dari 1 tahun Dalam hal instansi mengajukan penetapan TMT pengangkatan menjadi PNS lebih dari 1 tahun, maka perlu melengkapi berkas sebagai berikut: Usulan dengan menyebutkan alasan keterlambatan Surat Keputusan CPNS Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas/Surat Penugasan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Prajabtan.

 

Selanjutnya  Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter Penguji Tersendiri/Tim Penguji Sasaran Kinerja Pegawai dalam 1 (satu) tahun. BKN memberikan update perkembangan TMT PNS lebih dari satu tahun. Terhitung mulai 1 Januari-14 Maret 2022, terdapat 330 CPNS instansi pusat dan 1.109 CPNS instansi daerah.

(Penulis : Dandy Bayu Bramasta; Editor : Sari Hardiyanto)

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Syarat dan Prosedur Pengangkatan CPNS Jadi PNS", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/17/180500865/syarat-dan-prosedur-pengangkatan-cpns-jadi-pns.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA;  iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

×
Berita Terbaru Update