-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Percepat Prona 2022 Kaban Pertanahan Malaka Gelar Penyuluhan di Saenama

Selasa, 08 Maret 2022 | Maret 08, 2022 WIB Last Updated 2022-03-08T16:14:51Z


Malaka (kabar-nusantara.com) - Kaban Pertanahan,  Becci Salomi Dopong  beserta rombongan  dari Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka, datang  di Desa Saenama Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka. Untuk menggelar penyuluhan Proyek  Nasional (Prona) Sertifikat  tanah yang telah di ukur sejak  2020 sebanyak 325 bidang tanah, yang saat ini belum disertifikat, Selasa 8 Februari 2022.


Kegiatan penyuluhan oleh Becci berjalan tepat waktu hingga selesai, kemudian hujan turun. Di Kabupaten Malaka akhir-akhir ini siang  hingga malam turun hujan, namun hal itu tidak  membatasi  ruang gerak  ASN pelaku  pembangunan yang peduli terhadap  warga Kabupaten Malaka.  Semua jadwal aktifitas telah  diselesaikan Becci pagi  hingga siang  menyampaikan berbagai  keuntungan bagi orang yang memiliki sertifikat tanah  di zaman ini. 


Badan Pertanahan melalui berita yang  dilansir chanelnusantara pekan lalu  bahwa, masyarakat  hanya perlu datang  lalu tanda tangani  berkas yang telah tersedia, jadi  mereka tidak akan  dipersulit dan semua telah  dimudahkan,  kecuali  ada jual beli  tanah itu berarti mereka perlu  melengkapi  surat- surat pentingnya,  "seperti  layaknya kalau kita melakukan jual beli tanah," kata IDa Ayu. 


Tanah masyarakat  Saenama banyak yang  belum diukur sebab warga enggan  memiliki  sertifikat  tanah  karena alasan takut  bayar  pajak. Namun dengan adanya penyuluhan langsung dari Becci saat ini warga telah siap menerima sertifikat, ada  325 lahan untuk dibuatkan  sertifikat  tanah, "ini  gratis dari Pemerintah tanpa dipungut biaya," kata Eric. 


Panjabat Kepala Desa Saenama, Eric Seran, S. Ip, MM,  mengatakan kegiatan  tadi penyuluhan di Kantor Desa Saenama Kecamatan Rinhat Kabupaten Malaka kepada  pemilik  lahan yang  sudah  pernah diukur tahun 2020 lahan sebanyak 325 bidang tanah yang akan disertifikat, pada tahun 2022 dan untuk proses sertifikatnya  dimulai dengan  wawancara  yang  akan dilaksanakan  Minggu  depan.


"wawancara itu  lanngsung dari pertanahan  dengan  pemilik lahan yang ada di desa  Saenama," jelas Eric. 


informasi terkait syarat-syarat yang  perlu disiapkan, masyarakat  sudah  siap  untuk menerima  di sertifikat, ada sekutar 325 lahan yang  akan  disertifikatkan.


Ini Selasa 8 Februari 2022 dari Badan Pertanahan Kabupaten Malaka. Mereka   datang  untuk memberikan penyuluhan informasi pencerahan  terkait tahapan wawancara untuk penerbitan sertifikat kepada masyarakat  yang akan dilaksanakan  minggu depan," kata  Eric.  (Rofinus Bria)

×
Berita Terbaru Update