-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Ketua MK Diminta Mundur demi Cegah Konflik Kepentingan

Rabu, 23 Maret 2022 | Maret 23, 2022 WIB Last Updated 2022-03-23T02:26:31Z
Sosok Idayanti Adik Kandung Presiden Jokowi (berhijab warna hitam) bersama adik dan kakaknya.(KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)

Jakarta (kabar-nusantara.com) -  Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, diminta untuk mundur dari jabatannya karena hendak menikahi Idayati, adik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas, Feri Amsari, Dilansir dari laman kompas.com Selasa (22/3/22)

 

 langkah mundur dari jabatan mesti diambil Anwar Usman demi menghindari konflik kepentingan. “Demi cinta kepada MK dan pujaan hati, harusnya mundur karena potensi konflik kepentingan akan membuat orang berprasangka dengan putusan MK,” kata Feri kepada Kompas.com, Selasa (22/3/2022).

 

Dalam pandangan Feri, pernikahan Anwar dan Idayati akan berpengaruh pada ketatanegaraan. “Bagaimanapun ketua MK akan menyidangkan perkara-perkara yang berkaitan dengan presiden dan kepentingan politik presiden,” ucap dia.

 

Konflik kepentingan itu dapat muncul pada pengujian undang-undang yang berkaitan dengan kepentingan presiden. “Konflik kepentingan akan muncul karena dalam setiap pengujian undang-undang karena presiden adalah salah satu pihak. Konflik ini harus dijauhi Ketua MK agar lembaga peradilan itu tetap punya marwah,” ujar dia.

 

Feri menegaskan, penting untuk bangsa Indonesia punya peradilan konstitusi yang terus terjaga dari hubungan kekuasaan. “Yang taat dengan nilai-nilai peradilan yang merdeka dari segala relasi kekuasaan,” ujar Fery.

 

Idayati (56) telah dipersunting Anwar. Keduanya akan melangsungkan pernikahan di kota Solo, Jawa Tengah pada 26 Mei 2022. Idayati mengatakan hubungan keduanya terjalin karena dikenalkan oleh seorang teman. Kabar tentang rencana pernikahan itu juga telah dikonfirmasi Wali Kota Solo dan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

(Penulis : Tatang Guritno; Editor : Egidius Patnistik)

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua MK Diminta Mundur demi Cegah Konflik Kepentingan", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/22/20242361/ketua-mk-diminta-mundur-demi-cegah-konflik-kepentingan.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA; iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

×
Berita Terbaru Update