-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Karantina Dihapus, Begini Aturan Perjalanan Luar Negeri

Jumat, 25 Maret 2022 | Maret 25, 2022 WIB Last Updated 2022-03-25T00:48:13Z

 

Presiden Joko Widodo memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran tahun ini. Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu)


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ketentuan baru terkait syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan dari luar negeri yang akan masuk ke Indonesia. Jokowi dalam kesempatan tersebut memutuskan akan mengambil sejumlah langkah pelonggaran. Dilansir dari laman kompas.com, Jum’at (25/3/22)

 

Pelonggaran tersebut dilakukan karena pertimbangan kasus Covid-19 Indonesia yang sudah membaik. Adapun pelonggaran yang dilakukan salah satunya yakni menghapus syarat karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang hendak masuk tanah air.

 

“Pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina,” ujarnya dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden Rabu, (23/3/2022).

 

 

Calon penumpang pesawat internasional mengantre di loket lapor diri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (1/3/2022). Pemerintah memberlakukan kebijakan karantina selama tiga hari bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang sudah memperoleh vaksinasi lengkap dan dosis lanjutan atau booster mulai hari ini (1/3/2022).(ANTARA FOTO/FAUZAN)

Covid-19 juga telah mengeluarkan aturan terkait penghapusan karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri. Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

 

Dalam aturan yang ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto tanggal 23 Maret 2022, disampaikan bahwa pintu masuk perjalanan luar negeri melalui Bandar Udara yakni melalui Bandar Udara: Soekarno Hatta, Banten Juanda, Jawa Timur Ngurah Rai, Bali Hang Nadim, Kepulauan Riau Raja Haji Fisabilillah, Kepulauan Riau Sam Ratulangi, Sulawesi Utara Zainuddin Abdul Madjid, Nusa Tenggara Barat

 

Ketentuan pelaku perjalanan luar negeri  -  Selain itu, PPLN juga harus mematuhi ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan Indonesia. Serta diharuskan untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan mengisi e-HAC Indonesia. PPLN juga harus menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis kedua 14 hari sebelum berangkat.

 

Bagi PPLN yang belum mendapat vaksin akan divaksin di bandara kedatangan usai dilakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif. Bagi yang hasilnya positif, maka PPLN tersebut juga bisa divaksin di tempat karantina setelah hasil tes keduanya negatif.

 

 “Inti dari kebijakan PPLN, terbaru adalah bila sudah vaksin lengkap atau booster bebas karantina, tapi tetap swab PCR pada saat entry,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dikutip dari laman resmi Covid-19.

 

Nantinya sembari menunggu hasil, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) bisa menunggu di kamar hotel, kamar pada tempat akomodasi penginapan atau tempat tinggal. PPLN yang sedang menunggu hasil tidak boleh meninggalkan tempat tersebut. Bagi yang hasilnya negatif, diperkenankan melanjutkan perjalanan, dan dianjurkan memantau kesehatan secara mandiri dalam 14 hari berikutnya.

 

Aturan karantina diwajibkan bagi... Aturan tersebut juga menerangkan PPLN yang belum bisa divaksin atau baru menerima vaksin dosis pertama, apabila belum divaksin lengkap atau baru menerima dosis pertama harus karantina 5x24 jam.

 

Karantina tetap dilakukan meskipun PCR negatif saat masuk bandara bagi golongan tersebut. Selanjutnya, mereka akan diminta melakukan tes Covid-19 kedua saat hari ke-4 karantina.

 

Selain itu juga ada aturan tambahan terkait asuransi kesehatan. Di mana khusus WNA harus melampirkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan meliputi penanganan Covid-19 dan evakuasi medis. Selain itu, arturan terkait PPLN khusus perjalanan wisata juga dihapus dan diharuskan mengikuti pengaturan PPLN Umum. (Penulis : Nur Rohmi Aida. Editor : Sari Hardiyanto)

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Karantina Dihapus, Begini Aturan Perjalanan Luar Negeri", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/25/070500265/karantina-dihapus-begini-aturan-perjalanan-luar-negeri.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA;  iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

×
Berita Terbaru Update