-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Jimly Asshiddiqie Yakin Penundaan Pemilu Tak Bakal Terealisasi

Senin, 21 Maret 2022 | Maret 21, 2022 WIB Last Updated 2022-03-21T11:42:12Z


Jakarta (kabar-nusantara.com)  - Pakar hukum tata negara Jimly Asshiddiqie menilai wacana penundaan pemilu tidak akan terealisasi. Hal itu disampaikan Jimly menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang mempertanyakan apa alasan Presiden Joko Widodo harus mundur dari jabatannya.  Dilansir dari laman kompas.com, Kamis (17/3/22)

 

Dalam pandangannya, mayoritas anggota DPR akan menolak menyetujui penundaan pemilu atau memperpanjang masa jabatan presiden. “Percayalah mayoritas DPR menolak, apalagi DPD. Maka ide perubahan UUD 1945 di DPR dan MPR tidak akan terjadi,” jelas Jimly pada Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

 

Ia menyebut saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar sudah menurunkan tensinya dalam mendorong wacana itu. “Hanya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berusaha menunggangi isu ini untuk menaikan gengsi dan popularitas. Seperti terus membuka diskusi, biarkan saja,” paparnya.

 

Terakhir, Jimly tak yakin pemilu akan ditunda karena tanggal penyelenggaraan pemilu sudah disepakati bersama. “Jadwal tahapan pemilu juga sudah disepakati resmi antara DPR, Pemerintah dan KPU,” kata dia. “Tahapannya sudah akan dimulai 1 Agustus 2022 yaitu pendaftaran parpol peserta,” imbuhnya.

 

Sebelumnya Luhut mengklaim mendapatkan pertanyaan dari masyarakat kenapa harus menghabiskan dana begitu besar untuk pemilu, padahal pandemi Covid-19 belum selesai. Luhut juga menyatakan kondisi saat ini relatif tenang tanpa pergantian kepemimpinan.

(Penulis : Tatang Guritno; Editor : Krisiandi)

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jimly Asshiddiqie Yakin Penundaan Pemilu Tak Bakal Terealisasi", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/17/23503231/jimly-asshiddiqie-yakin-penundaan-pemilu-tak-bakal-terealisasi.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA;  iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

×
Berita Terbaru Update