-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Dayah Ma'rifatul 'Ulumi Al-Aziziyah Seuneubok Tuha Gelar Lomba Pidado dan Baca Kitab Kuning

Rabu, 30 Maret 2022 | Maret 30, 2022 WIB Last Updated 2022-03-30T13:41:14Z


Aceh Timur (kabar-nusantara.com) -  Dalam rangka menyambut bulan Suci  ramadhan 1443 hijrah, Pondok Pesantren Ma'rifatul Ulumi Al-Aziziyah Desa Seuneubok  Tuha  mengadakan serangkaian kegiatan perlombaan baca kitab kuning dan pidato  yang diselenggarakan selama tiga malam berturut-turut mulai tanggal 27 -29 Maret 2022.


Kegiatan perlombaan berlangsung sukses di kompleks Dayah Ma'rifatul 'Ulumi Al-Aziziyah Gampong Seunubok Tuha Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur, dengan mengikut sertakan peserta santri antar desa dalam wilayah pemukiman Blang Seunong. 


Pimpinan Dayah Ma'rifatul 'Ulumi Al-Aziziyah Abi Jalaluddin, S. Hi yang ditemui media ini selesai penyerahan hadiah  kepada pemenang lomba baca kitab kuning dan pidato mengatakan, "Acara perlombaan baca kitab Bajuri dan pidato merupakan acara yang kami kemas untuk penyambutan datangnya bulan Ramadhan sekaligus penutupan sementara pengajian di Dayah Ma'rifatul 'Ulumi Al-Aziziyah," kata Abi Jalaluddin.


"Tujuan perlombaan baca kitab Bajuri dan pidato ini kami laksanakan, agar para santri semakin rajin dalam belajar, dan untuk menjaring sejauh mana kemampuan para santri selama setahun belajar, apalagi ini mau libur pengajian karena menyambut bulan Ramadhan,"  katanya.


"Selain untuk meningkatkan kegiatan belajar bagi santri dan juga untuk mencari kader-kader islami, penerus agama Islam dimasa yang akan datang,"  sebutnya.


"Acara ini diikuti peserta mulai usia 11 tahun sampai usia 18 tahun, dua kategori ini kami bagikan ke beberapa kelompok menurut usia peserta,' sebutnya.


Sebanyak 32 orang peserta yang mengikuti lomba membaca kitab kuning dan pidato terdiri dari beberapa Dayah dan Balai pengajian dalam wilayah kemukiman Blang Seunong.


Abi Jalaluddin menambahkan, "Alhamdulillah kegiatan perlombaan ini berjalan lancar berkat Dukungan Mitra Kami yaitu perkumpulan Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) Aceh Timur LMC, LRPAM, HUDA, dan Forum Pemuda Gampong Seunubok Tuha." tambahnya


"Pada event perdana ini, Juara Umum Perlombaan Baca kitab kuning dan pidato berhasil diraih oleh perwakilan Dayah Raudhatul Muta'alimin, apabila tiga tahun berturut-turut nantinya perwakilan Dayah tersebut mendapatkan juara umum, maka Juara tersebut berhak dibawa pulang ke Dayahnya, Jika tidak, juara umum tersebut tetap akan tinggal di sini untuk diperebutkan kembali pada tahun tahun berikutnya," tutur Abi Jala.


Pembukaan acara perlombaan tersebut dibuka oleh imum mukim kemukiman Blang Seunong Muslim, At dan penutupan nya dengan tausiyah oleh Tgk Mawardi (walidi) pimpinan ponpes Assasul Huda Muenasah Tunong. 


Zulkifli Ketua DPD PAS Aceh Timur mengapresiasi atas kegiatan perlombaan tersebut, "kami atas nama relawan Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) Aceh Timur sangat mengapresiasi kepada pimpinan Dayah Ma'rifatul Ulumi Al-Aziziyah dan para panitia pelaksana kegiatan atas  kesuksesan penyelenggaraan acara perlombaan ini, kita juga sangat berterima kasih karena telah diikutsertakan dalam kegiatan perlombaan Baca kitab Bajuri dan pidato, kata Aneuk Syuhada


Aneuk Syuhada menambahkan, "ini merupakan kegiatan perdana di bidang lomba membaca kitab kuning dan pidato di kemukiman Blang Seunong, kita berharap kegiatan keagamaan seperti ini dapat berlanjut setiap tahunnya, dan insya Allah PAS Aceh Timur siap mendukung kegiatan seperti ini, ujar Aneuk Syuhada yang merupakan putra kelahiran kemukiman Blang Seunong.


Lanjutnya, "Bahkan kami berencana akan mengadakan pengajian Akbar dengan menghadirkan 3 ulama besar di Aceh, tentunya kami sangat membutuhkan dukungan saran dan Kritikan untuk menyukseskan acara pengajian Akbar tersebut, karena pengajian Akbar tersebut merupakan amanah dari Ketum PAS sendiri Bapak H.Akhyar Kamil.SH dan biayanya juga ditanggung oleh pak Ketum PAS. Tuturnya.


Harapan yang sama juga disampaikan oleh Camat Pante Bidari dalam sambutannya, "Kami muspika kecamatan Pante Bidari sangat mendukung kegiatan keagamaan seperti ini, dan kami berharap kegiatan keagamaan seperti ini tidak hanya dilakukan di kemukiman Blang Seunong, tapi ke tiga tiganya kemukiman di dalam wilayah kecamatan Pante Bidari agar bisa melaksanakan kegiatan keagamaan seperti ini, atau bahkan Lebih dari yang hari ini dilakukan, tuturnya.


Pembagian juara pemenang perlombaan Baca kitab Bajuri dan pidato Turut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat kemukiman Blang Seunong, Muspika kecamatan Pante Bidari, Relawan PAS Aceh Timur, perwakilan LMC, para Keuchik dalam kemukiman Blang Seunong, Ketua DPC Partai Aceh (PA) Kecamatan Pante Bidari M.Yusuf (pang Ucok) panglima Sagoe Kuta Buloh Iswandi (Panglima Baret) Para pimpinan Dayah dalam kemukiman Blang Seunong, dan masyarakat Gampong Seunubok Tuha. (M. Zbir)


×
Berita Terbaru Update