-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Cara Membedakan Sakit Ginjal dan Sakit Punggung

Sabtu, 26 Maret 2022 | Maret 26, 2022 WIB Last Updated 2022-03-26T02:21:21Z
Ilustrasi sakit punggung bawah karena Hernia Nukleus Pulposus(Shutterstock/Muh.Imron)

 

Kabar Nusantara.com - Ginjal terletak di bagian belakang dan di bawah tulang rusuk. Oleh sebab itu, sulit untuk mengetahui apakah rasa sakit di daerah tersebut berasal dari punggung atau ginjal. Namun, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi sakit ginjal dan sakit punggung, salah satunya melalui gejala. Perbedaan sakit ginjal dan sakit punggung Dilansir dari Healthline,  Dilansir kemudian dari laman kompas.com, Sabtu (26/3/22)

 

berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan sakit ginjal dan sakit punggung. Cara mengidentifikasi sakit ginjal.  Sakit ginjal paling sering disebabkan oleh infeksi ginjal atau batu di saluran yang keluar dari ginjal.  Di mana rasa sakit itu berada? Nyeri ginjal terasa di panggul, yang merupakan area di kedua sisi tulang belakang, antara bagian bawah tulang rusuk dan pinggul.

 

Biasanya, rasa sakit muncul di satu sisi tubuh, tetapi bisa juga terjadi di kedua sisi. Jenis rasa sakit Sakit ginjal biasanya terasa tajam, jika disebabkan oleh batu ginjal, dan terasa tumpul, jika memiliki infeksi. Rasa sakitnya tidak akan bertambah buruk dengan gerakan atau hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Jika memiliki batu ginjal, rasa sakitnya mungkin berfluktuasi saat batu bergerak.

 

Sebaran rasa sakit Terkadang, rasa sakit di ginjal menyebar hinga ke paha bagian dalam atau perut bagian bawah. Tingkat keparahan rasa sakit Sakit ginjal diklasifikasikan menurut tingkat keparahannya. Batu ginjal biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah, sedangkan rasa sakit akibat infeksi biasanya lebih ringan.

 

Gejala penyerta Jika memiliki infeksi ginjal atau batu ginjal, seseorang mungkin juga mengalami gejala sebagai berikut:

Demam dan menggigil

Mual dan muntah

Urin keruh atau gelap

Sering buang air kecil

Sakit saat buang air kecil

Infeksi di kandung kemih

Darah dalam urin

Batu ginjal kecil yang terlihat seperti kerikil di urin

 

Cara mengidentifikasi sakit punggung.   Sakit punggung lebih umum daripada sakit ginjal dan biasanya disebabkan oleh masalah pada otot, tulang, ataau syaraf dipunggung.

Penulis : Lulu Lukyani; Editor : Lulu Lukyani

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membedakan Sakit Ginjal dan Sakit Punggung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/26/080200023/cara-membedakan-sakit-ginjal-dan-sakit-punggung.

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA; iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

×
Berita Terbaru Update