-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Bupati Simalungun Hadiri Bimtek Budi Daya dan Hilirisasi Produk Hasil Perkebunan Kopi.

Jumat, 18 Maret 2022 | Maret 18, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T12:47:05Z


Simalungun (kabar-nusantara.com) - Bupati Simalungun menghadiri kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) budi daya dan hilirisasi produk hasil perkebunan kopi bersama  anggota Komisi IV DPR RI Drs. H. Djarot Saiful Hidayat MS di Simalungun City Hotel Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum'at (18/3/2022)


Dalam kesempatan itu,  Bupati menyampaikan, persoalan klasik yang ada di Simalungun yaitu infrastruktur jalan dan Pemkab Simalungun telah melakukan usaha untuk memgatasinya melalui program Haroan Bolon membangun Simalungun dan mendapat apresiasi dari lembaga Rekor MURI dalam pengelolaan perbaikan jalan sepanjang 317 Km. 



"Walupun hari ini sudah kembali seperti semula itu, karena itu bagian usaha kami untuk menanggulangi kerusakan jalan, hanya untuk sekedar layak Jalan," kata Bupati. 


Bupati bersyukur pada tahun ini (2022) pihak Pemerintah Provinsi telah mengucurkan anggaran untuk perbaikan jalan yang ada di Simalungun sebesar Rp 208 milyar dan untuk dranase sekitar Rp 2,640 milyar.


Selanjutnyan,  Bupati menyampaikan bahwa,  di Simalungun ini banyak potensi sumber daya alam,  dimana pertaniannya seperti Jeruk, yang  kita kenal jeruk Berastagi atau Karo itu berasal dari Simalungun.


"Begitu besar potensi di Simalungun ini dan kami juga sudah mengirim hasil pertanian kami ke Batam seperti cabai, setiap bulannya sekitar 5 sampai 10 ton. Dan juga Jeruk dengan Nama jeruk Simalungun dengan lebel nama ejaan Simaloengoen agar kita tau jati diri bangsa kita lahir dan besar dari hasil pertanian," ucap Bupati. 


Terkait dengan pupuk bersubsidi,  Bupati menyampaikan, persoalan pupuk subsidi yang saat ini langka dan terbatas. Untuk itu Bupati berharap, dengan  kehadiran anggota DPR RI di Simalungun ini, semoga dapat membantu menambah kuota pupuk bersubsidhi di Simalungun. 


"Kami berharap kehadiran bapak DPR RI di sini dapat membantu kami untuk menambah kuota pupuk subsidi ini," harap Bupati sembari menyampaikan semoga pak Djarot diberi keberkahan dan kemudahan dan menjalankan tugasnya.


Sementara itu, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan, perbedaan politik sudah selesai dan saatnya fokus membantu rakyat dan mensejahterakan rakyat. 


"Sudah saatnya kita keluar menuju zona nyaman, dan kita harus bersatu membangun Kabupaten Simalungun ini," kata Djarot yang dilanjutkan dengan menggambarkan betapa rusaknya jalan di Simalungun. 


Melihat kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun yang cukup memprihatinkan,  Djarot mengajak stakeholder untuk bersama-sama menangani kondisi jalan tersebut. "Mari kita bersama untuk menangani ini," ajaknya. 


Menyinggung dengan tanaman kopi, Djarot mengatakan bahwa kopi sangat banyak masyarakat menyukai kopi.  


"Kita butuh banyak stok kopi  karena kita tau masyarakat kita ini setiap pagi minumnya kopi, mari kita belajar untuk meningkatkan produksi kopi jangan takut tidak laku. Karena kita pasti menjamin untuk harga kopi," kata Djarot. 


Menurut Djarot, sudah banyak program kerja yang telah dibawa oleh pihaknya untuk Simalungun. "Seperti Kampung cabe yang kita anggarkan untuk 10 Ha, juga kampung bawang sekitar 10 Ha dan juga kampung buah yang kita bagi dengan Kabupaten Karo," jelasnya. 


Tampak hadir di kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Ginting,  Plt Dirjen  Perkebunan Ali Jamil MP, Kadis Pertanian Simalungun Ruslan Sitepu. (Buyung Tanjung)


×
Berita Terbaru Update