-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Bawaslu Rekomendasikan Temuan di KPUD Kabupaten Mesuji

Kamis, 31 Maret 2022 | Maret 31, 2022 WIB Last Updated 2022-03-30T23:46:17Z


Mesuji (kabar-nusantara.com) - Ketua  Bawaslu Kabupaten Mesuji Apri Susanto menghadiri Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di kantor KPU Kabupaten Mesuji - Brabasan (30/03/2022).  


Rapat dihadiri anggota Bawaslu, Emron Tolib dan Bambang Wahyudi, Ali Yasir (Ketua) bersama Majeha (P), Imani, Eko Sumarsono, Sururi Abdillah (Anggota) dan Iklas Setia (Sekretaris) KPU Kabupaten Mesuji, Partai Politik PPP dan PDIP serta Lius Pongoh Selaku Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil


Sebelumnya dibahas beberapa hal terkait elemen keefektifan data DPB. "Ada beberapa hal yang tidak bisa dihapus yaitu data kematian tanpa adanya akte kematian dan laporan dari keluarga, maka tidak bisa dihapus," ungkap Ali yasir. Dilanjutkan Majeha selaku Divisi Perencanaan dan Data, ia membacakan data DPB yang akan di tetapkan. 



Sementara itu Lius Pongoh mengutarakan, penghapusan data yang sering dijumpai yaitu NIK ganda, jika ada kapala keluarga yang istrinya lebih dari satu, kepala keluarga tersebut hanya satu nama di Kartu keluarga. Capil juga membuat buku kematian di setiap desa dengan harapan untuk memudahkan Capil dalam mendapatkan data kematian yang akurat.


Selanjutnya Emron Tolib mengutarakan terkait DPT secara Random masih ada yang ganda, misalnya di DPT 2019, maka Bawaslu berharap KPU bersama Bawaslu melakukan perbaikan terkait DPT ini. "Bawaslu juga mendapatkan data 58 orang yang meninggal karena covid bagaimana cara mengeluarkan data orang meninggal tersebut dari DPT," katanya. 


Sementara dalam peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan pasal 10 KPU bisa koordinasi RT dalam pemutakhiran data, lalu untuk mempermudah berkoordinasi bisa  dengan Ketua Apdesi agar DPT lebih baik lagi. Emron juga berharap dengan adanya buku peti kematian disetiap desa, maja Desa bisa mengeluarkan data orang yang meninggal tersebut dari DPT.


Menurut Ketua Bawaslu Apri Susanto bahwa PKPU Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Daftar Pemilih Berkelanjutan banyak kelemahan, KPU yang ada hanya melakukan pengumpulan data, hanya dari Disdukcapil saja.  "DPT di Kabupaten Mesuji ini kecil, kita sangat malu kalau tidak bisa menyempurnakan DPT ini dengan baik," ungkap Apri. 


Pantauan awak media skhir kegiatan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan serah terima berita acara Nomor : 17/PL.01.2/1811/2022 Tentang Rapat Koordinasi Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan I tahun 2022.

(Novil)


×
Berita Terbaru Update