-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Nelayan Muara Gadingmas Gelar Demo Tolak Nelayan Luar Gunakan Bahan Peledak

Selasa, 08 Februari 2022 | Februari 08, 2022 WIB Last Updated 2022-02-09T02:38:04Z




Labuhan Maringgai (kabar-nusantara.com) - Puluhan nelayan bagan tancap Desa Muara Gadingmas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur menggelar demo ke kantor Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD)  Perikanan, yang berlokasi tak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Senin (07/02/2022)


Kedatangan puluhan nelayan ke UPTD tersebut untuk menyampaikan protes, terkait adanya kelompok bagan congkel dari luar daerah yang dianggap telah menggunakan bahan peledak saat melakukan tangkap ikan di wilayah perairan Muara Gadingmas.


"Yang kami keluhkan kepada nelayan congkel ini yang menggunakan bom, karena dapat merusak habitat laut kita," ungkap Jamali (45) salah satu nelayan tancap. 



Jamali mengatakan, sejak adanya kelompok bagan congkel di wilayah perairan Muara Gadingmas sejak 3 bulan lalu,  membuat dirinya dan puluhan nelayan tangkap tradisional mengalami penurunan pendapatan secara drastis.


"Kami sudah banyak menderita sejak adanya kelompok bagan congkel yang diduga menggunakan bahan peledak, ya seperti nelayan tancap dan payang itu," jelasnya.


Terkait hal itu, masyarakat nelayan Muara Gadingmas meminta kepada Bupati Kabupaten Lampung Timur, Dawam Rahardjo untuk memberikan pelarangan terkait penggunaan peledak kepada nelayan bagan congkel yang beroperasi di wilayah perairan Labuhan Maringgai.


Sementara itu, Kasat Pol Airud, Yus Mawardi saat dihubungi wartawan mengatakan, dirinya telah memediasi kedua kelompok nelayan tersebut, dan telah disepakati untuk kelompok bagan congkel dapat beroperasi dari 16 Mil wilayah pantai.


"Sejak tahun 2017 telah disepakati yaitu di zona dua mulai dari 4 Mil sampai dengan seterusnya," jelas Kasat Polairud Yus Mawardi. 


"Untuk Zona Satu dari mulai 0 Mil sampai dengan 4 Mil," tambahnya. 


Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan razia terhadap kapal kelompok Bagan congkel, namun tidak ditemukan bahan peledak yang menjadi kecurigaan warga nelayan Desa Muara Gadingmas.


"Kami selaku pihak kepolisian akan terus berupaya mengungkap apa yang menjadi laporan dan keluhan masyarakat terkait dengan bahan peledak tersebut," tutupnya. (Zakaria)

×
Berita Terbaru Update