-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Menteri PUPR Targetkan 4 Pos PLBN di Kaltara Selesai

Minggu, 13 Februari 2022 | Februari 13, 2022 WIB Last Updated 2022-02-13T12:18:03Z


Nunukan (kabar-nusantara.com) - Pembangunan pos lintas batas negara (PLBN) terpadu, Labang Kecamatan Lumbis Pansiangan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, saat ini dalam proses pengerjaan dan terus dikebut sesuai target kontrak yang ditentukan Pemerintah.


Seperti dikutip dalam media Bisnis.com, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bisa menyelesaikan empat pos lintas batas negara (PLBN) di Kalimantan Utara, yakni Long Nawang di Kabupaten Malinau, serta Long Midang, Labang dan Sei Pancang di Kabupaten Nunukan.



Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan empat PLBN tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing nasional, pemerataan pembangunan, sekaligus mengurangi disparitas di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).


Pada kesempatan terpisah, Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis mengatakan pembangunan PLBN terpadu di Labang ini bukan hanya sebagai pos lintas antar Negara dalam hal ini Indonesia dan Malaysia atau negara lain. 


 Roapi juga akan di dorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan khususnya daerah Lumbis Pansiangan, Lumbis hulu dan Lumbis Ogong," papar Lumbis yang ditemui di kediamannya, Minggu, (13/2/2022). 



Pembangunan PLBN terpadu di Kecamatan Lumbis Pansiangan ini di sambut baik oleh Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat, "dengan hadirnya PLBN ini bukti negara ada dan hadir di tapal batas sebagai patok hidup," tutur Lumbis.


Lebih lanjut Lumbis berharap, setelah pembangunan PLBN selesai diharapkan pembangunan lain dapat menyusul, seperti akses jalan penghubung darat dari mansalong Kecamatan Lumbis, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis Pansiangan dan Kecamatan Lumbis Hulu. 



Selain itu gedung-gedung Pemerintahan, konektivitas jaringan telekomunikasi dll, apalagi Lumbis Pansiangan ini telah dinobatkan sebagai destinasi wisata, "tentunya banyak hal yang perlu disiapkan dan dibenahi supaya para pengunjung merasa nyaman dan aman," ungkap Lumbis. 


Dalam keterangan tertulis, Diyota yang adalah projeck manager PT. Adhi Karya, merasa bangga atas dukungan masyarakat Lumbis Pansiangan pada pembangunan PLBN ini. Terutama kepada Camat Lumbis Pansiangan yang selalu aktif menjembatani komunikasi dengan warga sekitar sehingga terjadi simbiosis mutualisme. "Hubungan ini diharapkan tetap terjaga hingga pembangunan PLBN Labang selesai digarap," ucap Diyota.


Proyek PLBN Labang ini dibangun dengan dana Rp 210 miliar dari APBN 2020, "kami mulai mengerjakan pada bulan November 2020, progres kami terus berjalan dan kami pastikan pembangunan akan selesai sesuai target dalam kontrak pekerjaan yakni 14 November 2022," tutupnya.

(Roni, Nunukan).


×
Berita Terbaru Update