-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Desa Kakaniuk Terima Mahasiswa KBPM Unkris Artha Wacana Kupang

Kamis, 03 Februari 2022 | Februari 03, 2022 WIB Last Updated 2022-02-03T13:13:54Z


Malaka (kabar-nusantara.com) -:Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka menerima kedatangan 22 orang mahasiswa dari Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang,  mereka didampingi  Damaris Y Koli Dosen Fakultas Ekonomi UKAW,  Kamis (3/2/22). 


Kehadiran para mahasiswa di sini untuk menjalankan proses kegiatan belajar dan pendampingan masyarakat (KBPM). Hal ini disampaikan dalam acara perkenalan,  "Kami datang untuk belajar bersama-sama dengan masyarakat, berproses bersama karena masyarakatlah tempat belajar dan sosialisasi yang sesungguhnya," terang Damaris. 


Lebih lanjut, para mahasiswa akan menjalani KBPM selama 1 bulan di Kakaniuk dengan memfokuskan diri pada 3 program utama yang diusung, yakni tentang Bumdes, Stunting dan Sosial Kemasyarakatan dalam kaitan dengan gereja. 


"Bersama para mahasiswa, kami akan memfokuskan diri dan memberi perhatian penuh pada tiga program ini. Mungkin waktu 1 bulan sangat singkat tapi semoga ada nilai yang bisa diperoleh masyarakat selama pendampingan," ujar  Maris.


Menurut Damaris, menjatuhkan pilihan untuk melakukan pendampingan di Desa Kakaniuk diperoleh ketika browsing di internet soal pengelolaan Bumdes.  Ditemukan bahwa di Desa Kakaniuk pengelolaan Bumdesnya bagus sehingga perlu ditingkatkan.


"Dan kami jatuhkan pilihan di Kakaniuk untuk pendampingan optimalisasi dan hasil usahanya," ujarnya lagi sambil menambahkan adanya sinkronisasi dan kolaborasi yang kondusif antara masyarakat dan mahasiswa. 


Petronela Luruk  Kepala Desa Kakaniuk, mengucapkan selamat datang dan berterima kasih karena pihak Universitas Kristen Artha Wacana Kupang memilih Kakaniuk sebagai tempat belajar dan mengabdi dari para mahasiswa untuk Kakaniuk. 


"Selamat datang dan selamat berproses bersama masyarakat di tempat ini. Semoga mahasiswa betah berada di sini dan belajar bersama kami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ungkap Kepala Desa Perempuan 2 periode ini seketika. 


Lanjut Kades, pihaknya akan terbuka dan dengan lapang dada belajar bersama mahasiswa untuk mendapatkan format yang lebih tepat dan sesuai perkembangan zaman. 


"Pasti banyak yang akan kami belajar dari para mahasiswa. Dan kehadiran para mahasiswa bisa menambah ilmu bagi kami terutama dalam mendukung program kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Malaka dalam berbagai aspek kehidupan," tuturnya Petro. 


Kehadiran para mahasiswa itu dari berbagai lintas ilmu seperti Pertanian, Perikanan, Hukum, FKIP dan Ekonomi.  Kesempatan ini akan berakhir pada tanggal 5 Maret 2022 mendatang. Rofinus Bria. 


Sumber : diskominfomalaka

×
Berita Terbaru Update