-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

BMKG Peringatkan Warga NTT Waspada Bencana Februari 2022

Rabu, 23 Februari 2022 | Februari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-02-23T14:59:12Z


Kupang (kabar-nusantara.com) - Badan meteorologi kliamatologi dan Geofisika stasiun meteorologi Eltari Kupang Jln. Adisucipto Bandar Udara El Tari Kupang membuka layanan informasi 24 jam dan memperingati warga Nusa Tenggara Timur (NTT)  Untuk waspada bencana Hidrometeorologi, banjir bandang, banjir Rob di NTT.  Rabu (23 Februari 2022). 


Hal ini benar terjadi hujan berdurasi ringan mengguyur Kabupaten Malaka pagi hingga malam Rabu 23 Februari 2022. Saat berita ini disampaikan hujan belum reda, sesuai surat edarannya.


Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Prakiraan cuaca di Kupang meramalkan akan terjadi  hujan angin disertai petir untuk NTT dari tanggal 22 - 25 Februari 3 hari ini terjadi di  kabupaten Malaka dengan hujan intensitas rendah tidak disertai angin dan petir.  Rabu (23 februari 2022).


Dalam  surat edaran  tersebut yang di tanda tangani kepala  BMKG  Agung Sudiono Abadi S. Si, dan Yessie Widya Synthiarani Putri, tentang peringatan dini cuaca  wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT)  pada 23 Februari sampai 25 Februari 2022.


Dalam surat peringatan dini itu bahwa Peringatan dini itu untuk wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang berdurasi singkat.  Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada Nagekeo, Ende, Sika, Flores Timur, Lembata, Alor, Malaka, Belu, TTU, TTS, Kupang, kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya,


 Wilayah yang berpotensi angin kencang  tanggal  23 februari 2022 di Kabupaten Sika, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu dan Kabupaten Malaka. Disebutkan suhu laut hangat, gelombang Aquatorial rossby dan kelvin di wilayah NTT, situasi siklonik di Utara Australia,  atau perairan selatan NTT.


Dimuat dalam surat peringatan dini itu hal ini meningkatkan pertumbuhan awan hujan konvektif ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Peringatan waspada karena akan terjadi bencana Hidrometeorologi seperti  banjir, banjir bandang, banjir Rob (banjir di pesisir pantai), tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin dan sambaran petir. 


Khusus daerah bertopografi curam,  bergunung dan tebing  patut untuk waspada longsor. Terjadi banjir bandang pada saat hujan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi beberapa hari berturut turut. 


 Untuk mengetahui informasi, segera membuka layanan informasi cuaca 24 Jam, yang dirilis oleh BMKG  stasiun meteorologi  El Tari Kupang, Tlp : (0380)881613 WA. 081139404264.


Website : meteoeltari. com, Email: met kupang@yahoo.com.Aplikasi Mobile : apps INFO BMKG  pada Appstore Dan playstore info BMKG.". (Rofinus Bria).


×
Berita Terbaru Update