-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Bekam Untuk Kesehatan dan Awet Muda

Selasa, 15 Februari 2022 | Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-21T05:25:32Z

Oleh: Ghoni Iman AG


Di pagi yang cerah sambil menikmati indahnya pemandangan kaki Gunung Lawu,  melihat hamparan sawah yg menghijau. Udara yang sejuk bersih dari polusi udara sayup terdengar musik langgam jawa lagu "Dino Minggu Sing Tak Tunggu Yeni Inka Ft. Adella" menambah tentramnya hati. 


Sampailah kami di rumah Sri Sugiyatno, A Ma OT, seorang ahli bekam dan ahli herbal pasekan, Keprabon Rt 06 Rw 05, Karangpandan, Salam, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah,  Minggu (13/02/2022)


Sambil menempelkan alat-alat bekam pada tubuh saya, ia menuturkan, "saya  menekuni pengibatan alternarif bekam  antara tahun 1992 - 1995, waktu itu saya memberikan pengobatan bekam tapi  belum buka praktek di rumah, tetapi masih melayani panggilan karena saat itu saya masih bekerja di Perusahaan Air Mancur,  jadi kalau sore hari pulang kerja saya baru bisa melakukan praktek bekam dan dulu saya pernah mendapat panggilan untuk memberikan bekam sampai ke daerah Bali," katanya.



"Saya kuliah di UGM jurusan Fakultas Farmasi jurusan obat alam atau jurusan jamu dan juga  belajar pada pak Haji Jamaludin Soekarno terkenal dengan panggilan pak Peno, beliau dikenal sebagai tabibnya pak KH Dhohir, tapi beliau telah wafat tahun 2008," lanjutnya.


Jadi bekam itu pada intinya membuang racun yakni mengeluarkan darah kotor, atau darah yang sudah tidak berguna di dalam tubuh harus dibuang. Kenapa ada darah kotor didalam tubuh manusia, karena beberapa makanan yang kita konsumsi itu ada yang mengandung bahan kimia, yang tertinggal dan mengendap lama di dalam usus. 


Kemudian kita juga sering menkonsumsi obat-obatan, padaha kita tahu bahwa obat itu sesungguhnya adalah racun, jadi ketika masuk ke dalam tubuh kita maka obat itu akan merusak darah kita ketika darah mengambil sari-sari makanan. 


Bahan-bahan kimia yang masuk kedalam tubuh kita kemudian mengambil sari-sari makanan yang  tidak bisa diserap usus, maka darah kita menjadi tercemar dan rusak atau mati, lalu darah tersebut akan menepi ke pembuluh nadi pada permukaan kulit. 



Jadi darah kotor yang beredar dalam tubuh ini harus dibuang karena dia tidak bisa berproses, tapi kalau darah kita yang normal dia akan hilang bersama urine atau keringat. 


Tetapi darah yang tercemar tadi dia dalam keadaan rusak dan parkir di pembuluh kapiler di bawah kulit dan itu harus dibuang kalau tidak dibuang efeknya membuat sakit atau tidak nyaman di tubuh. 


Berbeda antara darah bersih dengan darah kotor, kalau darah bersih merahnya cerah baunya amis, sedangkan darah kotor  tidak berbau, pernah ada pengalaman, kalau darah seperti itu dikasih ke ikan lele, maka   lelenya mati.

 

Jadi fungsi bekam itu sebetulnya banyak ya, nomor satu ialah dia akan tetap menjaga kesehatan tubuh manusia. Yang kedua, yaitu akan membuat manusia menjadi awet muda karena sirkulasi darah lancar organ tubuh kita tidak cepat rusak menunda masa tua.


 insyaallah  tidak terkena stroke jadi ketika darah kotor Kita buang berkala ini organ tubuh kita akan awet muda. 

Bekam memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan banyak darah kotor yg di buang dalam tubuh kita ,kedua memperbaiki sistem susunan saraf .


Intinya dari bekam tadi supaya tubuh kita menjadi sehat baik, secara Hadis disebutkan bahwa sebaik-baiknya pengobatan yang dilakukan manusia itu adalah bekam. kemudian di Hadis yang lain juga disebutkan bahwa bekam itu tidak di ragukan sedikitpun. 


Jika ada keluhan ataupun efek bukan bekamnya tetapi dari tukang-tukang itu sendiri ini sudah  tersirat dan tersurat dalam hadist Nabi Mohammad kelakuan bekam /cantuk  kemudian kalau dari sisi medis juga baik. 


Bekam pengobatan yang sangat logis karena dengan kita membuang racun kalau pengobatan yang lain mungkin dengan minum obat itu sebenarnya tubuh kita kemasukan racun, kalau bekam itu membuang racun menjadi tubuh kita menjadi ringan. 


Menjadikan sehat saraf-saraf kita menjadi lebih aktif lagi kalau sistem saraf kita menjadi lebih aktif menjadi lebih baik kalau kita menjadi lebih baik tubuh kita Awet awet muda. 


Bekam yg di anjurkan itu tergantung beberapa faktor satu pola makan dan  tensi,  tapi faktor tensi tinggi itu biasanya lebih sering jadi bukan tidak tergantung waktu 1 bulan atau 2 bulan tidak sesuai kebutuhan tubuh kita masing-masing kalau kita sudah merasakan misalnya gampang masuk angin. 


leher kita cengeng atau misalnya mandi kalau sudah terasa dingin banget  atau badan kita tidak enak gitu aja semuanya Itu sudah merupakan sinyal bahwa tubuh kita  berarti sudah banyak darah kotor yang ada di tubuh kita. 


Tapi selambat-lambatnya  kalau bisa jangan lewat 120 hari karena siklus darah kita ini 120 hari jadi kita menyiapkan tempat untuk darah kotor atau darah yang sudah mati tadi diberikan ruang sehingga ketika ada yang kotor bisa parkir ke tempat parkirnya itu di pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit. Alhamdulillah untuk pasien tiap hari 8 sampai 15. tutupnya.  (ghoni)


×
Berita Terbaru Update