-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Massa Buruh Geruduk Kantor Gubernur Banten

Rabu, 05 Januari 2022 | Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T14:46:48Z


Serang (kabar-nusantara.com) - Massa buruh se-Provinsi Banten mulai berdatangan ke depan kantor Gubernur di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Kota Serang. Dilansir dari laman Detik.com Rabu 5/1/2022

 

Buruh dari berbagai elemen itu datang untuk mendesak Gubernur Banten Wahidin Halim merevisi UMP dan UMK tahun 2022. Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (5/1/2023), massa buruh mulai berdatangan sejak pukul 10.30 WIB dan langsung berkumpul di pintu gerbang masuk KP3B.

 

Ribuan massa ini kebanyakan menggunakan kendaraan roda dua. Tidak seperti aksi-aksi sebelumnya di depan KP3B, kepolisian memasang kawat berduri di sepanjang gerbang masuk. Kawat berduri dipasang agar massa buruh tidak masuk ke lingkungan KP3B dan terkonsentrasi di jalan raya.


Dua lajur Jalan Syech Nawawi Al Bantani pun ditutup oleh pihak kepolisian. Polisi mengalihkan arus lalu lintas bagi pengendara yang akan melintasi atau melewati pusat pemerintahan Provinsi Banten ini.  Massa buruh yang datang ini adalah gelombang pertama yang datang ke KP3B. Terpantau elemen buruh dari berbagai daerah datang bergiliran.

 

Kebanyakan massa yang datang dari elemen buruh seperti SPN, KSBSI, KSPI, elemen serikat pekerja-buruh lainnya termasuk mahasiswa. Aksi ini juga adalah lanjutan dari tuntutan buruh menolak keputusan gubernur soal UMP-UMK di Banten 2022. Aksi ini juga lanjutan dari penggerudukan buruh ke kantor gubernur pada 22 Desember lalu yang berujung laporan pidana ke kepolisian.


"Seharusnya Wahidin malu dengan gubernur Jakarta. Ditambah lagi dengan kasus teman kita ditahan Polda, meski semalam sudah minta maaf. 
Kalau berani, revisi UMK," kata pimpinan aksi di mobil komando buruh.


Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal pada Selasa kemarin menegaskan buruh se-Banten akan aksi di depan kantor gubernur. Puluhan ribu buruh akan menggeruduk mendesak revisi upah 2022.


"Tanggal 5 Januari, Banten akan ada aksi buruh besar-besaran. Puluhan ribu buruh akan aksi kembali di kantor Gubernur Banten," kata Said, Selasa (4/2).



Tadi malam, perselisihan Gubernur Wahidin Halim dengan buruh soal laporan pidana berujung pada upaya perdamaian. 
Gubernur menandatangani kesepakatan damai dan mencabut laporan polisi terhadap enam buruh yang jadi tersangka. Proses perdamaian ini dituangkan dalam Surat Kesepakatan Perdamaian dan ditandatangani oleh para pihak.

 

Hadir dalam penandatangan itu perwakilan buruh termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Al Hamidi. Kepada wartawan, Wahidin mengatakan kehadiran buruh dan kesepakatan damai ini diterima dengan senang hati olehnya. Ia mengatakan bahwa prinsipnya ia tidak akan menyakiti siapa pun.


"Karena saya berprinsip tidak akan menyakiti siapapun apalagi saya sendiri memang kita berpedoman pada akhlakul karimah. 
Tidak ada orang tua atau siapa pun yang tega menyakiti rakyatnya. Tapi beliau baru datang hari ini kita selesaikan hari ini. Jadi saya langsung sudah cabut, mudah-mudahan ini jadi perhatian buat saya dan kita semua," tutur Wahidin. 



Baca artikel detiknews, "Massa Buruh Geruduk Kantor Gubernur Banten" selengkapnya https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5884773/massa-buruh-geruduk-kantor-gubernur-banten.

×
Berita Terbaru Update