-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu

Rabu, 05 Januari 2022 | Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T12:18:23Z


Jakarta (Kabar-Nusantara.com) - Minum susu memang nikmat, namun usahakan tidak mengonsumsi susu berbarengan dengan 5 makanan ini. Mulai dari pisang hingga teh. Ini sebabnya, Susu sapi merupakan minuman sehat kaya nutrisi. Dilansir dari laman detik.com Rabu 5/1/2022

 

Dalam segelas susu sapi segar mengandung protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, hingga fosfor. Mengonsumsi susu secara rutin juga baik untuk kesehatan. Susu bisa meningkatkan kekuatan tulang, menjaga kesehatan jantung, hingga membuat imunitas tubuh lebih kuat.


Biasanya orang minum susu di pagi hari saat sarapan, namun tak sedikit juga yang menjadikan susu sebagai minuman pendamping makanan mereka. Hal ini perlu diwaspadai lantaran tak semua makanan cocok dikonsumsi bersamaan dengan susu.


Paduan susu dengan beberapa makanan ini malah disebut bisa mengurangi manfaat sehat konsumsi sebuah makanan hingga menimbulkan gangguan kesehatan. Mulai dari perut kembung, begah, diare, dan lainnya.


Berikut 5 makanan yang tak baik atau tak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan susu:


1. Teh


Minum teh campur susu memang enak, namun paduan ini rupanya tak direkomendasikan pakar kesehatan. Mengutip Prevention (7/12/15), ahli gizi Alissa Rumsey menjelaskan teh hitam mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk mencegah ragam penyakit.


Menambahkan susu, baik susu sapi maupun susu nabati, ke dalam teh tidak disarankan karena protein susu bakal mengikat antioksidan yang ada dalam teh sehingga proses penyerapannya jadi sulit. 
Lebih jauh lagi, susu tidak bisa memberi manfaat kalsium karena kafein dalam teh bakal mencegah penyerapan kalsium dari susu.


"Jika ingin menambahkan sesuatu ke dalam teh, lebih baik perasan lemon. Air asam ini bakal meningkatkan jumlah antioksidan yang bisa terserap tubuh," kata ahli gizi Rachel Meltzer Warren.


2. Pisang


Beberapa orang gemar sarapan pisang lalu minum susu. Kebiasaan ini sebaiknya tak lagi dilakukan karena merugikan kesehatan.  India (24/6/2021) mengatakan kombinasi susu dan pisang berat untuk dicerna tubuh dan membutuhkan waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan perut kembung dan begah sepanjang hari.


Kalaupun kamu mau mengonsumsi pisang dan susu selayaknya smoothies pisang, ada baiknya menambahkan rempah yang membantu sistem pencernaan.  Misalnya bubuk pala dan bubuk kayu manis yang juga bisa memberi aroma dan rasa rempah tambahan.


3. Jeruk dan lemon


Jeruk dan lemon juga termasuk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Dua buah ini mengandung vitamin C dan asam sitrat yang ketika bertemu susu bisa mengental lalu menimbulkan asam lambung, sensasi perih dan panas seperti dada terbakar, hingga perut tak nyaman.


Mengutip Fit The Quint (24/9/2017), secara khusus konsumsi susu dengan jeruk, lemon, atau buah lainnya juga tidak disarankan dalam Ayurveda, ilmu kesehatan kuno dari India. Hal ini karena efek buruk yang dapat ditimbulkannya.


Ahli gizi Huda Shaikh mengatakan, "Ayurveda menyarankan untuk tidak makan buah dengan susu karena bisa mengurangi 'api' pencernaan, mengubah flora usus, menghasilkan racun, hingga memicu pilek, batuk, dan alergi."


4. Ikan


Sejak lama Ayurveda melarang konsumsi ikan dengan susu. Dua makanan ini dianggap berasal dari kategori berbeda. Ikan dari kelompok makanan nonvegetarian dan susu dari kelompok makanan vegetarian (dianggap demikian dalam Ayurveda meski susu berasal dari sapi).


Kombinasi keduanya tidak cocok karena efek yang ditimbulkan untuk tubuh berbeda. Susu memiliki efek mendinginkan tubuh, sedangkan ikan memiliki efek panas. Ketika dikonsumsi berbarengan, bakal muncul ketidakseimbangan dalam tubuh yang memicu perubahan kimia.


Ikan dan susu memang sama-sama mengandung protein, namun komposisinya sangat berbeda satu sama lain. Karenanya konsumsi dua makanan ini membutuhkan cairan pencernaan yang berbeda. Efek buruknya, bisa melemahkan imunitas tubuh. Demikian menurut Ayurveda seperti dikutip dalam Times of India (11/5/2019).


5. Melon



Satu lagi makanan yang tidak bagus dikonsumsi bersamaan dengan susu. Makanan itu adalah melon yang ketika dicampurkan susu, bisa menimbulkan efek diare atau alergi makanan. 
Hal ini karena melon bersifat diuretik, sedangkan susu bersifat pencahar dan mengandung lemak.

Ketika keduanya bertemu, maka akan muncul racun-racun di dalam tubuh.



Baca artikel detikfood, "5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu" selengkapnya 
https://food.detik.com/info-sehat/d-5883733/5-makanan-yang-sebaiknya-tak-dikonsumsi-bersamaan-dengan-susu.

×
Berita Terbaru Update