-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

5 Bahan Aktif Skincare yang Direkomendasikan untuk Remaja

Selasa, 04 Januari 2022 | Januari 04, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T02:47:14Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Sebagian orang mengalami jerawat saat memasuki usia remaja. Kondisi ini merupakan bagian normal dari pertumbuhan kulit. Meski begitu, sejumlah ahli tetap merekomendasikan beberapa kandungan alami dan aktif yang direkomendasikan sebagai bahan skincare untuk remaja. Dilansir dari laman CNNindonesia.com, Selasa (4/1/2022)


Produk perawatan kulit beserta bahan yang digunakan saat remaja sebenarnya akan sangat menentukan kulit Anda pada kemudian hari. “Pikirkan bahwa kulit muda Anda ini sebagai pondasi awal kulit saat pergantian sel melambat setelah usia 30 tahun,” jelas dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, dikutip dari laman Well and Good yang membahas soal skincare untuk remaja.


Dengan kata lain, merawat kulit Anda dengan cara yang benar pada usia-usia awal atau remaja akan menjadi investasi mencegah percepatan kerutan maupun bintik-bintik penuaan.  
Berikut bahan aktif dan alami skincare untuk mengatasi permasalahan kulit pada remaja: 


1. Tea tree


Tea tree merupakan bahan alami anti-noda yang efektif dan telah lama digunakan untuk mengobati jerawat serta infeksi, lantaran sifat antibakterinya yang ampuh. Pusat medis University of Maryland menyebut tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida dalam mengobati jerawat, tapi dengan lebih sedikit efek samping.


Penggunaan tea tree oil murni bagi sebagian orang dengan kulit sensitif, akan sangat keras dampaknya.  K
arena itu disarankan untuk memilih produk yang mengandung tea tree oil sebagai bagian dari campuran saja.


2. Asam salisilat


Ada beberapa bahan aktif yang direkomendasikan bisa mulai digunakan sejak memasuki usia remaja, salah satunya asam salisilat. Dokter Y. Claire Chang, seorang dokter kulit kosmetik bersertifikat di Union Square Laser Dermatology mengatakan sebenarnya tidak ada waktu spesifik untuk memulai menggunakan bahan aktif ini.


Hanya saja, lanjut dia, asam salisilat adalah bahan yang sangat baik untuk jenis kulit berminyak atau berjerawat—yang lebih umum terjadi pada masa remaja.

“Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi (BHA) yang mengelupas lapisan atas kulit dengan melonggarkan ikatan antara sel-sel kulit,” jelas Dokter Chang seperti dikutip dari laman The Klog.


Bahan tersebut juga berfungsi mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori guna mencegah komedo, whiteheads serta jerawat berikutnya. Asam salisilat juga bermanfaat mengurangi noda jerawat.


3. Retinoid


Bahan turunan Vitamin A ini dapat bekerja dengan sangat efektif untuk skincare remaja. Dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner menjelaskan bahan-bahan seperti retinoid sebenarnya bakal bekerja lebih baik pada kulit muda dibanding saat digunakan pada kulit yang lebih tua.


“Karena produksi kolagen sedang dalam puncak-puncaknya,” kata Dokter Zeichner.


Selain itu retinol atau retinoid juga membantu mengatasi jerawat. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan bahan skincare untuk remaja ini sebagai bagian dari perawatan kulit jangka pendek maupun jangka panjang.


4. Prebiotik



Bila dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit remaja biasanya menghasilkan lebih banyak sebum—zat yang menjadi makanan bakteri jerawat. Pertumbuhan berlebih dari bakteri jerawat akan mengganggu keseimbangan kulit, membatasi pertumbuhan bakteri yang sehat lagi menguntungkan, dan menyebabkan pelbagai gejala jerawat termasuk komedo dan kista.


Untuk menangkal bakteri penyebab jerawat, Anda perlu meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan pada kulit. Prebiotik berfungsi memberi makan dan mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan, membatasi bakteri jahat sekaligus membantu mengembalikan kulit yang bersih serta seimbang.


5. Teh Hijau



Teh hijau bukan hanya bisa digunakan untuk minuman, melainkan juga merupakan bahan ideal dalam perawatan kulit atau skincare untuk remaja yang berjerawat. Dikutip dari laman Green People, the hijau kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan membantu mengurangi peradangan kulit.


Ketika sebum mengalami kerusakan oksidatif maka pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan komedo.  Teh hijau dapat membantu mencegah munculnya komedo dan jerawat tersebut, sehingga termasuk kandungan alami yang direkomendasikan sebagai bahan skincare untuk remaja.

 

 

Baca artikel CNN Indonesia "5 Bahan Aktif Skincare yang Direkomendasikan untuk Remaja" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211225164144-282-739950/5-bahan-aktif-skincare-yang-direkomendasikan-untuk-remaja.


×
Berita Terbaru Update