-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Viral Motor Polisi Pengawal Jokowi Jatuh, Ini Cara Berkendara Moge di Tanjakan Menikung

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB Last Updated 2021-12-21T03:14:53Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Baru-baru ini viral di media sosial motor gede (moge) yang dikendarai polisi pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) jatuh di jalan yang menanjak dan menikung.

 

Nah sebenarnya gimana sih cara berkendara moge yang aman di medan yang ekstrem tersebut.
Video yang viral di media sosial baru-baru ini memperlihatkan insiden kecelakaan motor yang dialami petugas kepolisian ketika sedang mengawal konvoi Presiden Jokowi. Dilansir dari laman detik.com (21/12/2021).

 

Dalam video yang diunggah akun @jakartaviral (20/12/2021), disebutkan bahwa moge yang dikendarai Polisi Patwal tersebut terjatuh di jalanan menanjak dan menikung di sebuah jalanan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.



Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, memberikan tips bagaimana cara aman berkendara moge di jalanan menanjak dan menikung. 
Menurut Sony, pengamatan dan menguasai medan jadi kunci agar bisa selamat bekendara di medan ekstrem. Singkatnya, jika ingin melewati jalanan menanjak yang menikung, pengendara moge harus memiliki momentum berkendara supaya bisa melewati medan itu.


"Bicara mengendarai motor besar, itu jangan sampai saat di tikungan mesinnya mati. Jadi harus dipersiapkan dan dipastikan dari awal untuk memosisikan gigi di gear yang rendah (gigi 1 atau gigi 2).

 

Karena kalau sudah stuck di tikungan dengan posisi miss gear (salah menggunakan gigi) dan motor berada di posisi miring, itu sudah pasti akan jatuh," kata Sony melalui sambungan telepon kepada detikOto, Senin (20/12/2021).

 

Lanjut Sony menambahkan, yang perlu diperhatikan saat ingin berkendara moge adalah pengendara harus paham mengenai karakter motor berkapasitas mesin besar.


"Jadi kalau sudah biasa membawa motor besar, harusnya kejadian (motor jatuh di tikungan yang menanjak) ini tidak terjadi. Tapi kembali lagi, namanya manusia kan 'siapa sih yang naik motor nggak pernah jatuh' itu kan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk next tidak terjadi lagi. Jadi penting untuk mengetahui motornya," bilang Sony.


Diberitakan sebelumnya, video yang viral di media sosial baru-baru ini memperlihatkan insiden kecelakaan motor yang dialami petugas kepolisian ketika sedang mengawal konvoi Presiden Jokowi.


Di bagian awal video memperlihatkan Polisi Patwal pengendara moge yang tiba-tiba seperti mengalami kehilangan tenaga pada motornya, sehingga motor itu jatuh mendadak ke arah kanan dengan posisi setang belok. Lalu bagian akhir video 
memperlihatkan polisi tersebut berusaha mengendarai motornya di tanjakan yang menikung, tapi motor itu seperti tersendat-sendat, hingga orang-orang yang berada di sekitar membantu mendorong motor tersebut.




Baca artikel detikoto, "Viral Motor Polisi Pengawal Jokowi Jatuh, Ini Cara Berkendara Moge di Tanjakan yang Menikung" selengkapnya 
https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-5863154/viral-motor-polisi-pengawal-jokowi-jatuh-ini-cara-berkendara-moge-di-tanjakan-yang-menikung.

×
Berita Terbaru Update