-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Ridwan Kamil Membuat Keputusan Penting, Sebut Kriteria Parpol, Bakal Seru nih

Jumat, 03 Desember 2021 | Desember 03, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T08:35:57Z


BANDUNG (Kabar-Nusantara.com) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku belum punya modal yang kuat untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

 

Modal yang belum dimiliki itu ialah kendaraan politik berupa partai politik (parpol). Kang Emil, sapaannya, mengaku sering mendapatkan pertanyaan terkait Pilpres 2024.

 

Dia menjelaskan maju dalam kontelasi pilpres membutuhkan tiga modal besar, yakni elektabilitas dan popularitas, logistik, serta parpol yang dalam sistem demokrasi menjadi kendaraan untuk maju.

 

Namun, pria kelahiran 4 Oktober 1971 itu mengakui dirinya hanya punya modal elektabilitas dan popularitas. Dilansir dari laman JPNN.com Jumat (3/12/2021).

"Dua modal itu saya belum punya. Duit tidak ada, partai juga belum, yang saya miliki sekarang elektabilitas dan kesukaan," ujar Emil pada keterangan resminya, Jum'at (3/12).

 

Karena belum memiliki modal logistik dan kendaraan partai, Emil kini tengah fokus meningkatkan kinerjanya. Ini dilakukan sebagai upaya dia agar dilirik parpol yang mau meminangnya untuk maju.

 

"Tetapi politik tahu diri itu, saya harus tahu diri, anda itu siapa? Diusung partai belum pasti, kalau enggak (dipinang) saya tahu diri. Kalau tidak ada partai, saya akan melanjutkan menjadi gubernur, tetapi kalau ada partai butuh tokoh elektabilitas yang lumayan, saya dihitung, saya bismillah," jelasnya. 

 

Eks Wali Kota Bandung itu memutuskan tahun depan dirinya akan masuk parpol

 

"Sudah saya putuskan, tahun depan saya akan masuk parpol. Warnanya yang mana, taplak ini, warna baju satpam, hijab merah, saya belum tahu.

 

Tetapi yang pasti, yang paling Pancasilais. Karena Pancasila itu nomor satu," ujarnya. "Tidak boleh terlalu kiri atau kanan, politik jalan tengah yang saya pilih," sambungnya.



Emil berpendapat posisi politik di tengah saat ini dibutuhkan untuk merangkul yang kiri dan kanan. Sebelumnya, Lembaga Voxpol Center Research and Consulting menilai Partai Nasional Demokrat (NasDem) merupakan kendaraan paling ideal bagi Emil untuk bertarung dalam Pilpres 2024. 

 

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jabar, Saan Mustopa menyebut sosok Emil menjadi salah satu tokoh yang dibidik untuk diusung Nasdem di Pilpres 2024.

 

Menurutnya, rekam jejak kedekatan  Nasdem dengan Emil sudah ada sejak Pilgub Jabar 2018. "Ridwan Kamil kami coba terus pertimbangkan, dulu aja waktu Gubernur Jabar kami calonkan Ridwan Kamil, ini dipertimbangkan," kata Saan di Bandung.

 


Artikel ini telah tayang di
JPNN.comdengan judul
"Ridwan Kamil Membuat Keputusan Penting, Sebut Kriteria Parpol, Bakal Seru nih",
https://www.jpnn.com/news/ridwan-kamil-membuat-keputusan-penting-sebut-kriteria-parpol-bakal-seru-nih?page=2

 



×
Berita Terbaru Update