-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Smartphone Gaming Gak Ada Lawan, Asus ROG Phone 5 Ultimate

Sabtu, 25 Desember 2021 | Desember 25, 2021 WIB Last Updated 2021-12-26T23:16:42Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Setelah rilis resmi di Indonesia pada September, Smartphone Gaming ini mewadahi para gamer untuk mendapatkan sensasi bermain game dengan performa tinggi. Karena ROG Phone 5 Ultimate ini adalah seri tertinggi dari tipe ROG lainnya.


Tim selular medapatkan kesempatan untuk mengulas performa yang dimiliki smartphone seri tertinggi yang dimiliki ROG dengan RAM 18 GB dan ROM 512G, seri Ultimate saat ini agak berbeda dari segi warna karena perangkat gaming ini memiliki warna putih yang memberi kesan elegan. Dilansir dari laman selular.id bulan ini.


Saat membukanya dari kotak produk, kita disajikan dengan visual grafis dari karakter yang bernama akira. Ada juga beberapa perangkat pendukung seperti kipas pendingin, Headset, dan juga perangkat charger. Nah, Sekarang ingin menguji performa yang dimilki oleh ROG Phone 5 Ultimate ini, mari simak ulasannya.


Sebelum masuk ke sesi performa gaming sebaiknya kita bahas dulu dari peniliain benchmark, karena ini smartphone gaming agar sesuai, maka kami akan melakukan test di 3D mark. Test pertama ROG Phone 5 di 3D mark melakukan perbandingan dengan smartphone lainnya, dengan menguji performa di mode Wild Life.


Hasilnya menunjukan bahwa ROG Phone 5 Ultimate Smartphone terbaik diposisi ke 25 dalam pengujian benchmark mode Wild Life, itu menggambarkan bahwa ROG Phone 5 yang lebih baik dari 96% smartphone lainnya saat melakukan test benchmark mode Wildlife.


Karena ROG Phone 5 Ultimate bisa menjalankan test benchmark dengan Rata-Rata FPS 34.30. dengan suhu smartphone 26 derajat. dan Frame rate tertinggi yang ditembus terdapat pada angka 43 Fps.


Jika di bandingankan dengan smartphone kelas flagship ROG Phone 5 Ultimate, berada diatas Huawei P40, Realme X7 Pro, dan Xiaomi Mi 10 T Pro. Dengan meraih skor yang tembus pada angka 3000. Untuk perbandingan keseluruhan perangkat yang pernah melakukan benchmark di 3D mark ROG phone 5 Unggul 88%


Kami akan melakukan Test game, pada dua jenis game yang berbeda dan sering dimainkan yaitu Pubg Mobile dan Mobile legends. Kita akan mengecek apakah asus ROG phone 5 yang dibekali dengan Snapdragon 888, bisa menjalan game dengan optimal atau tidak.


Dan juga menguji suhu yang dimliki oleh smartphone gaming ini, apakah dia bisa sejuk tanpa menggunakn Cooler bawaan, pertama kita melakukan pengujian di game mobile legend. Pertama tama coba mode tertinggi yang tersedia di game tersebut.


Ternyata untuk menggunakan mode ultra yang ada di mobile legend sudah kompatibel, setelah menggunakan grafik ultra dan semua mode digunakan, Fps dan suhu pada smartphone ini masuk pada angka 60 FPS dan 37 derajat. Masih terbilang stabil bahkan yang tertinggi dari standar yang dimiliki game moba tersebut.


Lalu saat game dimulai, Fpsnya drop satu angka ke 59 FPS, namun bukan hal yang aneh jika turun saat game dimulai karena smartphone harus bekerja dalam melakukan banyaknya rendering pada berbagai objek.


Selanjutnya game PUBGM, Smartphone Gaming ini kita uji pada settings graphic yang ada di PUBGM pertama dimode grafik smooth sudah biisa digunakan pada frame rate 90 fps, pada mode grafik balanced sudah bisa digunakan pada tingkat frame rate, semuanya sama sampai Frame rate HDR, yaitu mode grafik tertinggi saat ini untuk Ultra HD belom bisa karena masih dalam tahap perkembangan di dalam gamenya.


Kami menggunakan mode grafik smooth dengan kualitas HD frame rate 90 fps untuk bermain game mode survival ini. Saat berada di lobby pertandingan Battle royal ini mendapat skor fps yang berbeda sangat drastic dari mobile legend. Karena hanya mendapatkan 29 fps dengan suhu 35 derajat.


Lalu saat game dimulai kami melakukan tiga pengecekan, saat berada didalam pesawat smartphone gaming ini mendapat kenaikan fps yaitu 31 fps dengan suhu yang stabil di angka 35 derajat celcius. 
Disaat berada di wilayah yang banyak gedung FPSnya turun lagi menyentuh angka 29 fps dengan suhu 35 derajat. Namun saat mengendarai mobil kembali naik di 30 fps.


Namun kondisi 35 derajat itu menurut kami sudah harus menggunakan menggunakan cooler bawaan dari ROG Phone 5 Ultimate ini. Akan memberikan pengalaman bermain semakin maksimal. Smartphone gaming lengkap jika memiliki fitur gaming assistant-nya karena, dengan adanya fitur tersebut bisa memudahkan para pengguna saat bermain game dari gangguan dari panggilan, sms dan notifikasi yang mengganggu fokus lainnya.


Game Genie ini fitur yang dimiliki khusus oleh Asus sejak era Zenfone lalu, dan di ROG Phone 5 Ultimate ini banyak fitur yang ditambahkan, seperti adanya pengaturan performa yang akan dijalankan oleh smartphone ini.


Pertama Mode X, Performa yang sangat cocok untuk bermain game karena akan menjalan seluruh kemapuan yang dimiliki oleh ROG Phone 5 Ultimate dengan melakukan HyperFusion secara otomatis dan mengaktifkan Dual-band WiFi untuk koneksi internet yang baik.


Mode Dinamis, performa yang diberikan akan secara dinamis mengikuti aplikasi apa yang sedang dijalankan. Mode ini disarankan untuk digunakan karna berada ini adalah mode bawaan (Default) saat pertama kali kita gunakan smartphone ini.


Mode sangat tahan lama, akan menjalankan performa game sehemat mungkin, menyesuaikan jaringan 5g secara otomatis,fitur HyperFusion akan dipaksakan mati,akan mematikan paksa dual band wifi, dan paksa pembatasan sinkronasi latar belakang. Semua akan dilakukan secara otomatis saat daya baterai sudah melemah.


Dalam fitur Game assistant ini kita bisa mengatur tingkat kecepatan cooler yang kita gunakan, ada juga fitur game yang akan disarankan oleh Game Genie berdasarkan kepuasaan kita untuk medapatkan pengalaman dalam memainkan game lebih maksimal, seperti 144HZ, 120HZ,Gamepad,dan Air Trigger.


Fitur Game assistant ini juga bisa kita atur saat kita dalam kondisi bermain game, seperti yang kita gunakan saat mengecek tingkat fps dan suhu pada ROG Phone 5 ini. Maka memberikan kemudahan untuk pengaturan cepat.


Kesimpulan - Selama menggunkan ROG Phone 5 Ultimate ini adalah bermain game sangat nyaman, apalagi untuk kenyamanan mata karena layar daei smartphone sudah memeiliki refresh rate 144Hz. Layarnya besar juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 


Untuk bermain game yang harus memposisikan smartphone kita horizontal sangat nyaman tampilan visualnya. Tapi saat main game vertical seperti subway surfer atau maze run dll, kurang nyaman karena sulit untuk digenggam dengan satu tangan.


Dan suhu yang dimiliki oleh smartphone ini saat dimainkan selama 1 jam, kurang nyaman untuk tangan karena terasa cukup panas jika tidak menggunaka cooler di mode X.


Smartphone ini juga disarankan untuk digunakan jika pengguna ditahap Gamer professional, karena dengan harga 20 jutaan ini, yang memiliki smartphone ini setidaknya bisa mengahasilkan karya konten atau bisa menjadi atlet E-sport, yang mengharuskan memiliki spesifikasi game yang maksimal.

\
×
Berita Terbaru Update