-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Ombak Besar Jebol Tanggul di Pesisir Manado, Permukiman Terendam Banjir Rob

Rabu, 08 Desember 2021 | Desember 08, 2021 WIB Last Updated 2021-12-08T19:44:37Z


Manado (kabar-nusantara.com) - Ombak besar akibat banjir rob di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) menghantam dan menjebol tanggul di wilayah pesisir. Akibatnya permukiman warga di Kelurahan Karangria terendam banjir rob. Dilansir dari laman detik.com Rabu (8/12/2021)

"Air laut masuk ke permukiman merendam rumah warga dengan ketinggian air 20 cm sampai 150 cm. Terdampak, 20 rumah, dan 29 kepala keluarga sebanyak 96 jiwa.

" kata Kepala BPBD Kota Manado Peter Eman dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).


Peter mengingatkan warga Manado khususnya yang berada di pesisir pantai Teluk Manado untuk selalu waspada akan kemungkinan banjir rob susulan yang memicu gelombang tinggi. Banjir rob di Manado diprediksi terjadi dari 6 hingga 9 Desember

"Fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) dan peningkatan gelombang laut berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan," kata Eman.


Lebih lanjut Enam mengingatkan malam nanti masih akan terjadi banjir rob yang berpotensi memicu ombak besar.

"Jadi untuk sebentar malam ada posisi pasang tertinggi di jam 8, jadi diantisipasi, waspada kondisi seperti tadi malam," jelas dia.


Pemerintah kecamatan dan kelurahan diminta untuk selalu mengingatkan warganya yang berada di pesisir akan bahaya banjir rob dan gelombang tinggi air laut.

"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktifitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta perikanan darat," katanya.

 

Berdasarkan data dari BPBD Manado, banjir rob terjadi di Kelurahan Titiwungen Selatan di Kecamatan Sario, Kelurahan Karangria Lingkungan 5 di Kecamatan Tuminting dan Kelurahan Malalayang Satu Lingkungan 7 di Kecamatan Malalayang



Baca artikel detiknews, "Ombak Besar Jebol Tanggul di Pesisir Manado, Permukiman Terendam Banjir Rob" selengkapnya  
https://news.detik.com/berita/

×
Berita Terbaru Update