-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Mengenal Gejala Kanker Paru-paru Stadium 2

Senin, 06 Desember 2021 | Desember 06, 2021 WIB Last Updated 2021-12-06T08:46:37Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Kanker paru-paru terjadi ketika sel-sel di bagian tertentu dari paru-paru dan saluran udara tumbuh dan membelah di luar kendali. Seperti  ditahui, paru-paru adalah bagian dari sistem pernapasan. Sistem pernapasan mencakup organ dan jaringan yang membantu seseorang mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Dilansir dari laman kompas.com,  Minggu (05/12/2021).


 Ketika seseorang bernapas, udara masuk melalui hidung atau mulut dan berjalan melalui trakea (tenggorokan) ke saluran udara yang lebih kecil yang disebut bronkus.  Bronkus memiliki cabang yang disebut bronkiolus dan rongga berbentuk cekung yang disebut alveoli.

 

Kanker paru-paru biasanya terbentuk di sel-sel yang melapisi saluran udara yang lebih kecil, seperti bronkus, dan bagian-bagian tertentu dari paru-paru, seperti bronkiolus atau alveoli.  Apa itu kanker paru-paru stadium 2?


Melansir dari Medical News Today, ada dua jenis utama kanker paru-paru, yakni kanker paru-paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC). Data dari American Cancer Society (ACS), NSCLC adalah tipe yang paling umum, yakni mencapai 80 hingga 80 persen dari total kasus.

 

Dokter membagijenis NSCLC menjadi empat tahap untuk menunjukkan seberapa banyak kanker telah menyebar. Untuk mengklasifikasikan stadium NSCLC, dokter mempertimbangkan ukuran tumor, apakah kanker telah menyebar, dan ke mana ia menyebar.

 


Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Mengenal Gejala Kanker Paru-paru Stadium 2",  Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/

×
Berita Terbaru Update