-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Konflik Bersenjata di Papua, "Hujan Mortir" Buatan Serbia di Kiwirok (2)

Rabu, 01 Desember 2021 | Desember 01, 2021 WIB Last Updated 2021-12-01T09:32:22Z


Kabar-nusantara.com - Konflik bersenjata di Papua antara aparat Indonesia dan milisi pro-kemerdekaan masih terus terjadi. Masyarakat di sejumlah kabupaten, termasuk Pegunungan Bintang, Intan Jaya, dan Maybrat, meninggalkan tempat tinggal mereka untuk mencari tempat aman. Dilansir dari laman kompas.com (1/12/2021)


Jumlah masyarakat yang mengungsi dari konflik ini diyakini berjumlah ratusan hingga ribuan orang. Namun, data soal ini sulit diverifikasi karena akses menuju lokasi konflik yang sangat terbatas. Seorang laki-laki berlindung di balik semak belukar. Nafasnya terengah-engah. Awan bergantung rendah di hadapannya. Dari kejauhan terdengar suara desing senapan api. Mata laki-laki itu mengarah ke langit.


 

Dia mengawasi sebuah helikopter yang terbang di atas pegunungan Distrik Kiwirok. Peristiwa itu terlihat dalam satu dari sekian video yang dikirimkan pimpinan TPNPB kawasan Pegunungan Bintang, Jenno Taplo, kepada BBC News Indonesia.  Dalam video lain, dua anggota milisi pro-kemerdekaan juga terlihat bersembunyi di balik batang pohon di sebuah gunung di Kiwirok.

 

Dua suara letupan lalu terdengar di kejauhan. Jenno Taplo mengirim sejumlah video untuk membuktikan klaim kelompoknya bahwa aparat menjatuhkan mortir dari helikopter.  Dokumentasi yang dikumpulkan TPNPB menunjukkan sejumlah mortir yang gagal meledak. Namun ada pula mortir yang meledak dan membakar rumah dan sebidang lahan.

 

Kiwirok dihujani mortir nyaris setiap hari sejak tanggal 10 Oktober, menurut kesaksian Kalaka Benny, warga Distrik Okhika yang mengungsi sejak huru-hara tanggal 13 September meletus.





Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konflik Bersenjata di Papua, "Hujan Mortir" Buatan Serbia di Kiwirok (2)", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/062600578/konflik-bersenjata-di-papua-hujan-mortir-buatan-serbia-di-kiwirok-2-.

×
Berita Terbaru Update