-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Dakwaan 385 Halaman, Terduga Penista Agama Muhammad Kece Tertidur, Saat Sidang

Kamis, 02 Desember 2021 | Desember 02, 2021 WIB Last Updated 2021-12-02T14:38:58Z


 Ciamis  (kabar-nusantara.com) - Sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Muhammad Kosman alias Muhammad Kece alias M Kace, kembali digelar di Pengadilan Negeri Kelas 1 B Ciamis, Agenda sidang kedua ini merupakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. Sidang dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Jaksa penuntut umum menyiapkan 385 halaman berkas dakwaan. Dilansir dari laman kompas.com, Kamis (2/12/2021)


Sejumlah Jaksa bergantian membaca berkas dakwaan mengingat jumlahnya yang cukup banyak. Pukul 12.00 WIB, sidang diskors karena sudah memasuki waktu salat zuhur. Saat istirahat itu, kuasa hukum Muhammad Kece, Martin Lukas Simanjuntak mengatakan terdakwa sebenarnya dalam kondisi sakit.

"Klien kami sedang dalam kondisi yang tidak sehat, kadar gula darahnya tinggi," jelas Martin. 


Kemarin, kadar gula darah M. Kace sebesar 291 mg/dL. Sedangkan hari ini, saat dicek kadar gulanya 441 mg/dL. "Dua kali batas normal manusia," kata Martin. Dia mengaku heran, dengan kadar gula darah tinggi, namun Muhammad Kece dinyatakan sehat oleh dokter.


Dengan kondisi seperti itu, terdakwa beberapa kali tertidur di persidangan. Martin bahkan harus menegurnya. "Majelis hakim juga menegur agar (terdakwa) bisa kembali fokus mendengarkan dakwaan," katanya. Dengan kondisi terdakwa sakit, menurut Martin, seharusnya tidak boleh dilakukan karena agenda saat ini penting.


Meskipun sudah memberi kuasa kepada pengacara, lanjutnya, namun terdakwa tetap mempunyai hak untuk mendengar langsung secara jelas dan terang benderang berkas dakwaan jaksa penuntut umum.  Terlebih, dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum yang jumlahnya sebanyak 385 halaman. Tidak memungkinkan orang dengan kadar gula darah tinggi harus mendengar dakwaan setebal itu.

 "Itu yang saya bilang seharusnya dikedepankan hak-hak manusia sesuai hak azasi manusia yang didasarkan dengan hak-hak secara hukum juga yang sudah diatur KUHP," kata Martin.


Sidang dapat penjagaan ketat Sementara itu, persidangan kali ini dipimpin hakim ketua Vivi Purnamawati, SH, MH, dengan anggota Indra Muharam, SH, dan anggota satu Rika Emilia, SH, MH. Kuasa hukum Muhammad Kece yang hadir di persidangan yakni Martin Lukas, SH dan Mansyur.


Terdakwa Muhammad Kece menjalani sidang dengan nomor perkara 186/Pid.Sus/2021/PN Ciamis. Muhammad Kece diancam Pasal 14 ayat 2 Undang-undang RI nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. Kemudian, Pasal 45 A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 64 ayat 1 KUHP.




Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "JPU Baca Dakwaan 385 Halaman, Terduga Penista Agama Muhammad Kece Tertidur, sampai Ditegur Hakim", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/12/02/182656578/jpu-baca-dakwaan-385-halaman-terduga-penista-agama-muhammad-kece-tertidur?page=2.

×
Berita Terbaru Update