-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Jokowi Tanggapi Anwar Abbas soal Lahan RI Dikuasai 1 Persen Penduduk

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB Last Updated 2021-12-11T13:08:10Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons pernyataan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas soal satu persen penduduk menguasai setengah lahan Indonesia. Dilansir dari laman CNNindonesia.com, Sabtu (11/12/2021)


Dialog tersebut muncul dalam acara Kongres Ekonomi Umat Islam II yang berlangsung pada Jumat (10/12).

"Berkaitan dengan lahan, dengan tanah, penguasaan lahan penguasaan tanah. Apa yang disampaikan Buya betul," kata Jokowi dalam acara yang disiarkan kanal Youtube Official TVMUI.

 

Sebelum melontarkan pernyataan tersebut, Jokowi mulanya akan membaca teks pidato. Tetapi dia ingin langsung menjawab ucapan Anwar. Jokowi juga mengaku bukan dirinya yang membagikan lahan tersebut. Pemerintah, katanya, justru sedang melakukan reforma agraria.


Sejauh ini, pemerintah telah membagikan 4,3 juta hektar dari target 13 juta hektare untuk rakyat. 
Pemerintah juga memulai program bank tanah. Negara akan mengambil alih lahan yang menganggur. Lahan-lahan itu kelak akan diberikan kepada rakyat lain yang membutuhkan.

"HGU, HGB yang ditelantarkan mungkin insyaallah bulan ini atau bulan depan untuk saya cabut satu per satu yang ditelantarkan," ujar Jokowi.


Respons dari Jokowi muncul usai Anwar memberi pidato pembuka dan menyinggung ketimpangan yang terjadi di Indonesia, khususnya tentang lahan.


"Dalam bidang pertanahan, indeks gini kita sangat memprihatinkan 0,59.

 

Artinya, 1 persen penduduk menguasai 59 persen lahan yang ada di negeri ini. Sementara yang jumlahnya 99 persen itu hanya menguasai 41 persen lahan yang ada di negeri ini," ucap Anwar.



Baca artikel CNN Indonesia "Jokowi Tanggapi Anwar Abbas soal Lahan RI Dikuasai 1 Persen Penduduk" selengkapnya di sini: 
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211211070122-32-732742/jokowi-tanggapi-anwar-abbas-soal-lahan-ri-dikuasai-1-persen-penduduk.

×
Berita Terbaru Update