-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Ini Daftar 7 Makanan dan Minuman Terbaik yang Bikin Awet Muda

Senin, 27 Desember 2021 | Desember 27, 2021 WIB Last Updated 2021-12-27T12:19:02Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Tiap makanan dan minuman memiliki kandungan nutrisi berbeda. Bahkan tujuh makanan ini diakui oleh ahli punya gizi terbaik untuk membuat tubuh tetap awet muda. Makanan dan minuman secara alami memiliki kandungan gizi dan nutrisinya masing-masing. Dilansir dari laman detik.com Senin 27/12/2021.


Tiap-tiap gizi dan nutrisi ini memiliki manfaatnya terhadap kesehatan yang berbeda-beda perannya. Ada yang mampu membantu menguatkan imunitas, menurunkan risiko penyakit kronis tertentu hingga sebagian makanan dan minuman yang diungkapkan ahli dapat membantu menjaga keremajaan tubuh.



Berikut ini 7 makanan terbaik untuk bikin awet muda menurut Eat This, Not That (25/12): 
1.  1.  Alpukat - 



Menurut British Journal of Sports Medicine konsumsi alpukat dikaitkan dengan pencegahan osteoarthritis atau gangguan jaringan pada tulang rawan.  Gejala yang akan dialami oleh penderita osteoarthritis ini berupa nyeri sendi, penurunan fleksibilitas sendi hingga sendi-sendi yang sering terasa kaku.


Kandungan lemak sehat di dalam alpukat ini diakui oleh para peneliti mampu mengatasi nyeri pada penderita osteoarthritis. Walaupun sementara tetapi efek dari konsumsi alpukat ini setidaknya sangat baik untuk meringankan nyeri yang dialami hingga meredakan gejala-gejala osteoarthritis lainnya.


2. Kopi


Jika kamu berpikir mengurangi konsumsi kopi bisa memberikan efek yang lebih sehat, sebaiknya pikirkan ulang keputusan tersebut. Menurut penelitian Anna of Internal Medicine, efek dari konsumsi kopi secara rutin berkaitan dengan penurunan angka kematian selama tiga tahun terakhir.


Kopi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dikatakan aman untuk dikonsumsi secara rutin selama tidak menggunakan pemanis yang terlalu banyak. Konsumsi kopi secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kardiovaskular hingga kulit akibat dari kandungan antioksidannya.


3. Strawberry


Dikenal dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, strawberry menjadi salah satu jenis buah berry yang disarankan untuk rutin dikonsumsi.  Tidak hanya strawberry impor tetapi strawberry yang berasal dari petani lokal juga cukup baik untuk menjadi alternatif asupan buah berry.


Strawberry ini dikatakan mampu memperlambat proses penuaan pada tubuh melalui komponen polifenol yang juga dikandung di dalamnya. 
Menurut penelitian dari Food Chemistry ditemukan adanya manfaat menjaga fungsi mitokondria yang menjadi kunci utama untuk keremajaan kulit dan tubuh


4. Ubi Ungu



Di Indonesia, ubi ungu menjadi salah satu jenis bahan makanan sumber karbohidrat yang cukup mudah dan banyak ditemui. 
Sering dipandang sebelah mata, ubi ungu sebenarnya memiliki kandungan anthocyanin yang cukup tinggi.


Komponen anthocyanin ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penuaan organ-organ tubuh dan menghindari beberapa penyakit kronis. Menurut penelitian pada The Journal of Cancer Properties, ditemukan bahwa pola diet yang rutin konsumsi ubi ungu dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.



5. Minyak Zaitun


Pada pola diet Mediterania, minyak zaitun dipercaya menjadi penjaga sel-sel tubuh yang paling baik. Konsumsi minyak zaitun dikatakan menjadi sumber nutrisi yang begitu tinggi. Bahkan dalam pola diet tersebut juga dianjurkan untuk meminum minyak zaitun.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Cardiovascular Medicine konsumsi minyak zaitun ini secara positif berpengaruh pada penyakit jantung, jantung koroner hingga kegagalan jantung kronis. Agar mudah mengonsumsinya, para ahli menyarankan untuk menambahkan minyak zaitun pada siraman salad atau sebagai campuran masakan.


6. Matcha


Bukan hanya tren di media sosial, matcha juga populer di kalangan ahli gizi dan ahli kesehatan. Komponen aktif pada matcha dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif yang baik terhadap perkembangan dan kesehatan otak.


Menurut penelitian Food Research International, partisipan yang mengonsumsi matcha lebih sering ditemukan mengalami peningkatan fokus otak dan kecepatan psikomotorik. 
Konsumsi minuman matcha juga disarankan jika kamu ingin meningkatkan fokus otak ketika bekerja maupun pada saat-saat yang dibutuhkan.


7. Wortel


Sayuran berwarna oranye terang ini tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk mata. Wortel yang mengandung karotenoid ini juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan pada wajah dan kulit. Menurut penelitian pada Nutrients meningkatkan konsumsi makanan kaya karotenoid berkaitan dengan peningkatan produksi kolagen.


Kolagen ini menjadi komponen yang harus ada untuk menjaga kesehatan, menutrisi kulit dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

 



Baca artikel detikfood, "Ini Daftar 7 Makanan dan Minuman Terbaik yang Bikin Awet Muda" selengkapnya 
https://food.detik.com/info-sehat/d-5871259/ini-daftar-7-makanan-dan-minuman-terbaik-yang-bikin-awet-muda.

×
Berita Terbaru Update