-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Dendam di Balik Ritual Penggandaan Uang, Dukun Racuni 3 Orang, Ini Kronologinya

Sabtu, 25 Desember 2021 | Desember 25, 2021 WIB Last Updated 2021-12-26T21:35:35Z


Banjar (kabar-nusantara.com) - Polisi menangkap seorang warga Kota Banjar, Jawa Barat (Jabar), berinisial U alias UY (51). Pria ini berprofesi sebagai dukun. Ia mengaku bisa menggandakan uang.  U diringkus karena meracuni tiga orang warga Kabupaten Garut, Jabar. Dua orang tewas, sedangkan satu lainnya kritis. "Mereka mendatangi U untuk menggandakan uang," kata  Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono., dilansir dari laman kompas.com (25/12/2021).

 

U membunuh tiga orang tersebut dilatarbelakangi oleh dendam. Berdasar penuturan U, korban menuduhnya sebagai dukun palsu. Selain itu, U tak terima lantaran anaknya dimarahi korban. "Cekcok dengan pelaku," kata Wirdhanto menjelaskan, "di antara tiga korban tersebut, pernah ada yang melakukan ritual penggandaan uang di Kuningan, Jabar. Namun, ritual itu tidak berhasil," katanya.



Lalu, ketiga korban mendatangi rumah U. Kedatangan mereka untuk mendesak U melakukan ritual penggandaan uang lagi. Waktu itu, sempat terjadi percekcokan antara pelaku dan korban, hingga akhirnya korban memarahi anak U dan menuduh pelaku berbohong.



Pelaku siapkan daging kambing beracun - Karena menyimpan dendam kepada korban, U menyiapkan rencana untuk membunuh mereka saat ritual beberapa hari kemudian. Untuk keperluan ritual, pelaku menyiapkan daging kambing sebanyak 1,5 kilogram.


"Pada 15 Desember, bertempat di Pantai Santolo, Garut Selatan, tersangka melakukan ritual dengan cara korban disuruh menghabiskan daging kambing sebanyak 1,5 kilogram," ujar Wirdhanto, Jumat (24/12/2021).



Hanya saja, pelaku telah melumuri daging itu dengan racun tikus jenis temix. Para korban ditemukan dalam kondisi tewas dan kritis di sebuah penginapan di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Garut, pada 15 Desember 2021.



Pelaku ditangkap - Dari tempat kejadian perkara, polisi mengamankan barang bukti berupa sisa daging kambing. Berdasar hasil uji labolatorium, daging tersebut telah dicampuri racun tikus. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan kemudian menangkap U di Wonosobo, Jawa Tengah. "Pelaku akan dijerat pasal pembunuhan berencana dan tindak pidana penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," ucap Wirdhanto.



Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Dendam di Balik Ritual Penggandaan Uang, Dukun Racuni 3 Orang, Ini Kronologinya", Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2021/12/25/143250578/dendam-di-balik-ritual-penggandaan-uang-dukun-racuni-3-orang-ini?page=2.


×
Berita Terbaru Update