-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Benarkah Orang Kidal Lebih Jenius? Ini Penjelasan Studi

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-23T15:13:01Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Kidal adalah seseorang yang cenderung beraktivitas dengan menggunakan tangan kiri. Beberapa tokoh ternama yang kidal yaitu Aristotle, Mozart, Marie Curie, Bill Gates, dan Barack Obama. Orang yang kidal cenderung diasosiasikan dengan bakat dan kecerdasan. Dilansir dari laman detik.com, Kamis (23/12/2021)


Menurut studi, orang kidal memiliki kemampuan lebih baik dalam matematika sehingga sering dianggap sebagai seseorang yang jenius. Orang kidal sebenarnya tidak hanya menulis dengan tangan kiri, tetapi sering menggunakan tangan kirinya untuk beberapa aktivitas. Aktivitas tersebut meliputi melambaikan tangan hingga menangkap sesuatu.



Contohnya apabila kalian menulis menggunakan tangan kanan tetapi bersalaman maupun melambai menggunakan tangan kiri, maka kemungkinan kalian merupakan seorang kidal. 
Menurut laman IFL Science, seseorang yang kidal lebih dominan menggunakan otak kanan.

 

Penggunaan otak kanan yang dominan tersebut membantu lebih cepat dalam proses untuk memahami ruang dan representasi dari ruang, visual, dan angka. Selain itu, orang kidal juga memiliki corpus callosum yang lebih besar. Corpus callosum adalah kumpulan sel saraf yang menghubungkan dua belahan otak sehingga dapat memproses informasi lebih cepat dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanan.



Jadi apa yang membuat orang kidal lebih jenius? - 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh IFL Science yang menggunakan 2300 orang dari berbagai usia untuk melakukan eksperimen ujian matematika. Eksperimen matematika tersebut dibagi dalam beberapa level kesulitan.



Para peneliti menanyakan partisipan melalui kuesioner untuk menilai preferensi penggunaaan tangan. Hasil penelitian menunjukkan dalam soal aritmatika sederhana tidak ada perbedaan antara tangan kiri dan tangan kanan.



Namun dalam soal matematika yang lebih sulit, orang kidal lebih unggul. 
Selain itu, orang yang sering menggunakan tangan kanan lebih memilih menggunakan tangan kanan pada tes penggunaan tangan. Tes penggunaan tangan adalah tes untuk mengetahui tangan mana yang lebih sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.



Kesimpulannya, ketika menghadapi soal matematika yang lebih rumit dan komplek, orang kidal lebih cepat menyelesaikannya. 
Studi tersebut juga menunjukkan orang kidal tidak hanya menulis dengan tangan kiri, melainkan hampir seluruh aktivitasnya menggunakan tangan kiri.



Jadi bagi detikers yang menulis menggunakan tangan kanan tetapi mayoritas kegiatan lainnya menggunakan tangan kiri, kemungkinan memiliki struktur otak yang sama seperti orang kidal. 
Jadi jangan minder ya detikers kalau kalian kidal karena itu bukan merupakan suatu kekurangan.




Baca artikel detikedu, "Benarkah Orang Kidal Lebih Jenius? Ini Penjelasan Studi" selengkapnya 
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5866491/benarkah-orang-kidal-lebih-jenius-ini-penjelasan-studi.

×
Berita Terbaru Update