-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Mahasiswa Kudus Ciptakan Alat Pengolah Sampah Jadi Bahan Bakar Minyak

Kamis, 02 Desember 2021 | Desember 02, 2021 WIB Last Updated 2021-12-02T13:39:42Z


Kudus (kabar-nusantara.com) - Tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah menciptakan dua alat pembuat pengolahan plastic menjadi minyak dan sampah organic menjadi briket. Hasil dari karya dua alat itu, tiga mahasiswa tersebut meraih medali emas di ajang World Invention and Technology Expo (Wintex) pada 17 November 2021. Dilansir dari laman detik.com, Kamis. (2/12/2021).


Tiga mahasiswa tersebut adalah Dimas Apriadi, M. Habib Syafa'arif dan M. Rizal Ainul Ubab. Ketiganya dibimbing oleh Dosen Teknik Mesin, Ratri Rahmawati. Temuan mereka dinamakan WEST (Waste-Energy Station).


Ketua Tim Dimas Apriadi mengatakan munculnya ide tersebut ketika melihat banyaknya sampah di lingkungan masyarakat. Permasalahan sampah hingga kini belum bias teratasi. 

"Sebelumnya memang diskusi dengan dosen, akhirnya muncul ide bagaimana mengatasi sampah," kata Dimas dalam keterangan tertulis kepada wartawan di Kudus, Rabu (1/12/2021).

 

Dia mengatakan ada dua alat  yang  diciptakan untuk mengolah sampah menjadi minyak dan briket. Satu alat untuk memproses sampah plastic menjadi fuel  atau minyak dan alat kedua untuk mengolah sampah organik  menjadi briket atau arang.

"Kami yakin plastic bisa dijadikan minyak karena secara teori, plastic merupakan bahan turunan paling bawahnya. Dari teori itu, kami diskusi untuk membuat alatnya," terangnya.


Adapun untuk alat pengolah sampah plastic terdiri dari tiga tabung, tabung pertama berupa tabung pembakaran plastik. Setelah dibakar, gas hasil pembakaran masuk kedalam tabung kedua atau kondensor.

"Di tabung kondensor terdapat dua selang, selang pertama dari pembakaran masuk ketabung kedua dan diproses menjadi cair atau minyak, selang kedua sisa gas yang tidak bisa cair masuk ketabung ketiga. Tabung ketiga berisi gas yang nantinya dilepas, namun sebelumnya dinetralisir terlebih dahulu di tabung ketiga," jelasnya,



Baca artikeldetikedu, "BanyakSampah, Mahasiswa di Kudus MengolahnyaJadiBahan Bakar" selengkapnya   
https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5836442/banyak-sampah-mahasiswa-di-kudus-mengolahnya-jadi-bahan-bakar.

 

×
Berita Terbaru Update