-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

6 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh Berdasarkan Penyebabnya

Jumat, 24 Desember 2021 | Desember 24, 2021 WIB Last Updated 2021-12-24T10:51:14Z
 


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Obat sakit mata bisa mengatasi berbagai penyakit mata yang kerap dialami oleh banyak orang. Disebut-sebut sebagai penyakit menyebalkan lantaran membuat pandangan mata menjadi buram. Dilansir dari laman detik.com, Jumat (24/12/2021).


Sakit mata juga bisa menular ke orang lain. Hal ini umumnya terjadi akibat infeksi virus dan bakteri pada mata. Gejala umum yang kerap muncul saat terkena sakit mata, yaitu mata bengkak, berair, merah, dan belekan. 
Selain infeksi virus dan bakteri, masih ada lagi penyebab sakit mata yang perlu diketahui. Mengutip dari Medical News Today, berikut penyebab sakit mata:

 

Penyebab Sakit Mata :  1. Benda asing masuk ke mata - Penyebab pertama, yaitu masuknya benda asing ke dalam mata, baik itu debu, bulu mata, dan lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa perih, berair, atau kemerahan pada mata.


2. Sinus -  
Sinusitis atau sinus adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus. Tekanan kuat akibat sinus pada jaringan dapat menyebabkan sakit mata.


3. Blefaritis - 
Blefaritis adalah peradangan di kelopak mata yang menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan berminyak. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat kelenjar minyak di dekat akar bulu mata menjadi tersumbat.


4. Konjungtivitis -  
Konjungtivitis adalah mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata. Kondisi ini disertai dengan rasa gatal pada mata dan berair.


5. Bintitan -  Bintitan atau istilah medisnya hordeolum adalah benjolan kecil yang mirip seperti jerawat di dekat bulu mata. Penyebab kondisi ini umumnya terjadi akibat infeksi bakteri.


6. Abrasi kornea - Kondisi ini terjadi akibat tergoresnya permukaan kornea karena benda asing, sehingga membuat mata menjadi merah, perih, dan sensi terhadap cahaya.


7. Keratitis -  Keratitis adalah peradangan pada kornea mata.

Kondisi ini kerap kali ditandai dengan mata merah yang disertai nyeri.



8. Glaukoma -  
Penyebab mata merah berikutnya adalah glaukoma.

Kondisi ini terjadi akibat kerusakan pada saraf mata akibat tingginya tekanan di dalam bola mata.


9. Iritis -  
Kondisi ini muncul akibat inflamasi pada iris yang menyebabkan mata merah dan nyeri.

 

 10. Neuritis optik -  Neuritis optik adalah gangguan penglihatan akibat peradangan pada saraf mata. Kondisi ini ditandai dengan buramnya penglihatan pada salah satu mata dan memberikan sensasi nyeri.



Obat Sakit Mata Alami : 
Dari penyebab sakit mata yang telah diuraikan di atas, sebaiknya segera diobati agar tidak terjadi iritasi atau peradangan yang lebih parah. Obat sakit mata alami bisa menjadi pilihan yang tepat, agar mata yang sakit segera mendapatkan penanganan yang aman dan alami.



Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah obat alami yang ampuh dan mudah dicari: 
 


1. Air mawar - 
Bunga mawar bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit mata. 

Caranya: Masukkan bunga mawar ke dalam air, lalu teteskan di mata. Cara ini bisa dilakukan sebanyak tiga kali sehari ya.

 

2. Mentimun - Tidak hanya dijadikan sebagai lalapan makanan, timun juga mengandung anti bakteri yang dapat membantu mengurangi sakit mata. 

Caranya: Iris tipis mentimun dan letakkan pada mata yang sakit. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Supaya lebih segar, masukkan mentimun ke dalam kulkas.


3. Kompres dengan air hangat - 
Obat sakit mata berikutnya bisa dilakukan dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Cara ini terbilang sederhana untuk menenangkan area mata yang sakit dan nyeri.


4. Susu murni -  
Susu murni tidak hanya dikonsumsi, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi sakit mata.  Caranya: Cukup gunakan kapas yang diteteskan dengan susu murni dan kompres pada area mata yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar mata yang sakit akan sembuh secara maksimal.


5. Daun sirih -  Daun sirih memiliki komponen bioaktif bersifat antimikroba yang ampuh dijadikan sebagai obat sakit mata. Caranya: Rebus lembaran daun sirih dan tambahkan sedikit garam. Tunggu hingga mendidih, lalu saring sisa rebusannya. Bersihkan mata tiga kali sehari dan lakukan secara rutin agar mata bisa sembuh dengan cepat.


6. Aloe vera -  
Aloe vera memiliki kandungan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh meringankan sakit mata. Caranya: Tuangkan 1 sendok teh gel lidah buaya dengan air dingin, lalu rendam kapas dalam campuran tersebut. 

Tempelkan kapas yang telah direndam pada mata dan diamkan selama 10 menit. Lakukan dua kali sehari untuk meredakan sakit mata.


- Menjaga Mata dengan Pola Hidup -   Selain menggunakan obat sakit mata alami, pola hidup yang baik juga bisa menyembuhkan sakit mata. Berikut hal yang bisa dilakukan ketika sedang mengalami sakit mata:


- Jangan menyentuh atau menggosok mata 

- Kenakan kacamata hitam saat berada di luar 

- Minum air yang cukup agar tetap terhidrasi 

- Tidur yang cukup untuk mengistirahatkan mata 

- Setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan dari layar komputer, HP, dan TV




Baca artikel detikHealth, "6 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh Berdasarkan Penyebabnya" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5868388/6-obat-sakit-mata-alami-yang-ampuh-berdasarkan-penyebabnya.

×
Berita Terbaru Update