-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati

Jumat, 10 Desember 2021 | Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2021-12-10T15:18:54Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Berbagai rempah memiliki khasiat alami untuk kesehatan. Seperti cengkeh yang bukan hanya harum tetapi juga memiliki khasiat ketika dijadikan campuran dalam minuman. Dilansir dari laman detik.com/detikhealth.com,  Jum’at (10/12/2021).


Cengkeh termasuk rempah yang sangat berharga, bahkan dahulu cengkeh dianggap lebih mahal dibandingkan emas. Aroma dan rasa harum khas dari cengkeh mampu membuat rasa makanan menjadi lebih lezat.


Tak heran kalau rempah berbentuk bunga ini sering dijadikan campuran dalam masakan, tak terkecuali untuk jenis makanan penutup ataupun minuman. 
Mencampur cengkeh ke dalam makanan atau minuman ternyata bukan hanya memberikan sensasi rasa dan aroma saja, tetapi juga manfaat sehat untuk tubuh.



Dilansir dari Web MD (9/12) cengkeh mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. 
Rempah ini juga kaya kandungan antioksidan sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah kanker, menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan fungsi liver.


Berikut manfaat sehat dari cengkeh dan cara mengonsumsinya:

1. Meredakan peradangan:



Cengkeh mengandung betakaroten yang sangat tinggi. Salah satu jenis antioksidan ini berperan optimal untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga cengkeh berperan meredakan dan mencegah peradangan karena sifatnya antiinflamasi.


Cengkeh mengandung banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Eugenol salah satunya yang paling penting, zat ini telah terbukti mengurangi respons peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan membantu meredakan gejalanya.


2. Menangkal radikal bebas: 



Eugenol juga merupakan antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas, yang merusak sel dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Cengkeh secara tidak langsung mencegah timbulnya berbagai penyakit dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.


Radikal bebas bisa berasal dari berbagai hal, termasuk paparan polusi dari kendaraan bermotor. 
Radikal bebas juga bukan hanya menyebabkan penyakit kardiovaskular tetapi juga merusak kesehatan kulit. Efeknya yakni kulit menjadi kering, keriput dan muncul flek hitam.


3. Menjaga kesehatan hati: 



Cengkih juga dapat menjaga dan memaksimalkan fungsi hati. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa eugenol yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati dan penyakit hati berlemak.


Dengan konsumsi cengkeh secara rutin, maka kamu menjaga kesehatan hati. Tapi tentu saja hal ini harus diiringi dengan pola makan yang sehat, konsumsi air putih dengan cukup dan menjauhi minuman alkohol.


4. Kandungan cengkeh


Cengkeh termasuk jenis rempah yang tinggi mineral, termasuk di dalamnya mangan. Mangan membantu tubuh mengelola enzim yang membantu memperbaiki tulang dan memproduksi hormon.


5. Cara mencampur cengkeh dalam minuman



Cengkeh bisa dikonsumsi sebagai bumbu campuran pada masakan tetapi juga bisa dikonsumsi secara praktis dengan cara mencampur dalam minuman.  Campuran cengkeh dengan air putih bisa dijadikan minuman konsumsi sehari-hari.



Cara membuat air cengkeh ini adalah dengan menyiapkan satu sendok makan cengkeh kering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. 
Rebus air dan bubuk cengkeh sampai mendidih, angkat dan nikmati selagi masih hangat.  Cengkeh juga bisa dicampur dengan rempah lain seperti kayu manis. Tambahkan madu sebagai pemanis alami.

 

Baca artikel detikfood, "5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/

×
Berita Terbaru Update