-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

5 Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula, Mudah dan Panen Cuan!

Selasa, 07 Desember 2021 | Desember 07, 2021 WIB Last Updated 2021-12-07T13:27:20Z


Jakarta (kabar-nusantara.com).- Perkembangan dunia internet yang semakin pesat membuka banyak sekali peluang untuk berbisnis, salah satunya adalah bisnis online yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Salah satu alasan yang membuat bisnis online banyak diminati adalah karena jenis bisnis ini tidak terikat dengan ruang dan waktu, sehingga bisa dengan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dilansir dari laman Kompas.com  Selasa (7/12/2021).

 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha, tapi sebelum terjun ke dunia bisnis, seorang pemula harus lebih dulu memahami cara-cara dan strategi yang harus dilakukan supaya usahanya bisa berkembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan.

 

Berbisnis secara online juga tetap membutuhkan berbagai cara dan strategi yang tepat supaya kamu bisa mencapai target dan keuntungan yang kamu inginkan. Memulai bisnis online untuk pemula memang tidak mudah, tapi juga bukan hal yang mustahil, berikut ini ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online dengan mudah dan bisa menghasilkan cuan.

 


Ada 5 Cara Bisnis Online untuk Pemula: 1. * Melakukan Riset untuk Mengetahui Kebutuhan Pasar 

Sebelum menentukan produk yang akan kamu jual, kamu harus lebih dulu melakukan sebuah riset untuk mengetahui apa yang saat ini menjadi kebutuhan pasar.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menentukan target pemasaran yang akan kamu tuju.

Salah satu caranya, kamu bisa mulai melihat masalah apa yang sedang dihadapi orang-orang saat pandemi, dari sana kamu bisa mulai mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar di masa pandemi supaya kamu bisa menjual dan menawarkan produk-produk yang tepat.

 

2.    *  Menganalisis Kompetitor. Selain melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pasar, kamu juga harus melakukan analisis untuk mengetahui para kompetitor.

Kamu bisa mulai membuka berbagai platform marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee untuk melihat apa saja produk yang mereka jual.

Setelah itu kamu bisa membaca review dan rating yang mereka dapatkan dari konsumen, dari sini kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan dari produk yang dijual oleh para kompetitor sehingga kamu bisa menawarkan keunggulan yang bisa membuat para konsumen lebih memilih untuk membeli produk di tokomu.

Misalnya ada pembeli yang memberikan rating buruk karena pengemasan produknya terlalu lama dan asal-asalan, maka kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat packaging yang lebih menarik dengan waktu yang cepat sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama.


3.    *  Melakukan Perbandingan Harga di Pasaran. Setelah selesai melakukan riset pasar dan menganalisis produk kompetitor, kamu juga harus melakukan perbandingan harga yang ada di pasaran.

Hal ini sangat penting dilakukan supaya kamu bisa menentukan patokan harga yang cocok untuk produk yang akan kamu jual.

Yang harus kamu ingat, jangan sampai produk yang kamu jual nanti lebih mahal dari harga produk yang ada di pasaran, tapi kamu juga tidak boleh menjual produk dibawah harga standar karena akan berpotensi merusak harga pasar.

 

4.    *  Membuat Nama Brand yang Menarik.  Untuk memulai bisnis online, kamu harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh asal-asalan, bahkan nama brand juga harus diperhatikan dengan baik supaya para konsumen bisa tertarik membeli produk di tokomu.

Walaupun saat ini sudah banyak sekali nama-nama brand yang terkenal, kamu harus tetap mengusahakan untuk membuat nama brand sendiri yang unik, kreatif, dan pastinya mudah untuk diingat.

 

5.      * Membuat Strategi Pemasaran Produk yang Tepat.  Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform jualan online yang sudah banyak tersedia saat ini, mulailah dengan membuat akun bisnismu sesuai dengan nama brand yang sudah kamu buat sebelumnya.

Selain di platform jualan online, kamu juga bisa memasarkan produk kamu ke media sosial seperti Instagram.

Buatlah konten-konten marketing yang menarik supaya orang lain tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Jika produk yang kamu tawarkan memang sesuai dengan target dan kebutuhan pasar, ditambah dengan harga yang murah dan strategi marketing yang bagus, maka dijamin bisnis online kamu bisa punya banyak peminat dan menghasilkan banyak cuan.

 


Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "5 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula, Mudah dan Panen Cuan!", Klik untuk baca: https://buku.kompas.com/read/

×
Berita Terbaru Update