-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

4 Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan Usus dan Tingkatkan Imunitas

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB Last Updated 2021-12-21T03:43:50Z


Jakarta (kabar-nusantara com) - Usus menjadi salah satu organ pencernaan yang memiliki pengaruh besar pada tubuh. Menerapkan empat pola makan ini bisa membantu menjaga kesehatan usus sekaligus tingkatkan imunitas. Dilansir dari laman detik.com, Selasa (21/12/2021).


Usus menjadi tempat tinggal bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk pencernaan maupun kesehatan secara menyeluruh. Bakteri baik yang ada di dalam usus harus dijaga dengan pola makan yang sehat dan tepat.


Menjaga kesehatan usus dikatakan oleh ahli sangat erat kaitannya dengan memperkuat imunitas. 
Maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang melalui proses fermentasi, probiotik dan beberapa makanan sehat lainnya.


Ada beberapa pola makan yang setidaknya harus dilakukan rutin jika ingin usus kamu tetap sehat. Empat pola makan kunci ini menjadi yang paling direkomendasikan oleh ahli untuk selalu diterapkan. Berikut 4 pola makan untuk menjaga kesehatan usus dan tingkatkan imunitas : 


1.  -    Makan Banyak Kacang-Kacangan



Kacang-kacangan menjadi salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin.  Laura M. Ali selaku pakar kuliner dan ahli gizi mengatakan bahwa kacang-kacangan juga memiliki peran penting dalam memberikan asupan prebiotik bagi usus.


"Kacang polong, kacang hitam, kacang merah dan lentil merupakan sumber serat yang sangat baik yang mampu bekerja pada saluran gastrointestinal dan membantu pencernaan dengan cara bekerja bersama prebiotik," kata Ali.


Saat tubuh tidak menerima cukup asupan serat, Ali mengungkapkan akan ada gangguan yang terjadi. Mulai dari perut kembung dan sembelit, lebih cepat lapar hingga kondisi perut yang tidak nyaman


2.  -   Perbanyak Makan Buah Berry 




Selain kacang-kacangan, Ali juga menyarankan konsumsi buah berry untuk menyeimbangkan kacang-kacangan.  Hal ini berkaitan dengan kandungan serat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.


"Tidak hanya kandungan seratnya yang tinggi tetapi buah berry juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang membantu memberi makan bakteri baik dan meredakan inflamasi. Kamu juga bisa mencampurnya dengan kefir untuk smoothie sebagai menu sarapan," kata Ali

 

3.  -  Konsumsi Makanan Fermentasi



Menurut rekomendasi yang diungkapkan para ahli, makanan yang melalui proses fermentasi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Bakteri yang membantu proses fermentasi ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi bakteri pada usus.


Kamu harus menambahkan makanan fermentasi dalam setiap pola makan setiap hari. Misalnya dengan mengonsumsi yogurt, miso atau sayuran yang difermentasi seperti sauerkraut," kata Marie Rugles selaku penulis buku kesehatan tentang imunitas.


Pada sebuah penelitian yang baru saja dilakukan tahun 2021 ditemukan bahwa konsumsi makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi dapat meningkatkan keberagaman mikrobiota pada usus, meredakan inflamasi, dan meningkatkan respon imunitas.


-  Konsumsi Makanan yang Beragam



Tidak banyak yang mengetahui bahwa konsumsi makanan yang sama setiap hari dapat memberikan efek yang negatif terhadap usus. 
Para ahli gizi juga sangat menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sama dalam jangka waktu yang cukup panjang.


Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi akan semakin meningkatkan keberagaman mikrobiota usus. Hal ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan usus.


"Ciptakan kebiasaan eksperimen mencicip makanan-makanan baru termasuk makanan nabati dalam pola makan," kata Ruggles.



Baca artikel detikfood, "4 Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan Usus dan Tingkatkan Imunitas" selengkapnya 
https://food.detik.com/info-sehat/d-5863581/4-pola-makan-untuk-menjaga-kesehatan-usus-dan-tingkatkan-imunitas.

×
Berita Terbaru Update