-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dr. Dwi Wiwik Ernawati Adakan Workshop, Meningkatkan Kemampuan Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiyah

Selasa, 09 November 2021 | November 09, 2021 WIB Last Updated 2021-11-09T15:38:16Z

 


Jambi (kabar-nusantara.com) - Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M. Kes. sebagai Ketua pengesahan pengabdian kepada masyarakat mengadakan workshop dengan judul 'Meningkatkan Kemampuan Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas' di Sekolah SMAN 2 Kota Sungai Penuh, Kerinci, Jambi. 


Workshop ini di rencanakan 1 kali pertemuan tatap muka kemudian dilanjutkan via online zoom meeting pada Oktober 2021 yang lalu. Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan ini adalah : 1. Survei kebutuhan mitra, survei awal dilakukan terhadap mitra untuk mengetahui permasalahan mitra yang ada di dalam SMAN 2 Kota Sungai Penuh Jambi. 



Data dari survei awal menjadi dasar untuk melakukan analisis situasi. Survei dilakukan dalam bentuk wawancara dengan salah satu guru di SMAN 2 Kota Sungai Penuh. 2. Penentuan masalah prioritas dan topik kegiatan, Ada  beberapa permasalahan yang ditemukan dianalisis untuk menentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan dengan solusi,  serta yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 


Masalah prioritas yang dipilih bersama mitra adalah peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal ilmiah.  Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi yang dapat ditawarkan pengusul pengabdian adalah dengan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan guru lebih paham dan giat untuk membuat artikel ilmiah yang mana akan meningkatan kompetensi dan daya literasi guru.



Workshop ini juga akan dapat menambah wawasan dan latihan menulis artikel ilmiah yang mungkin untuk sekarang masih sangat awam dilakukan. Inovasinya ini bertujuan agar artikel ilmiah berbasis PTK ini lebih banyak dilakukan sehingga guru akan lebih sering meningkatkan komptensinya melalui artikel ilmiah ini, serta membantu para guru memahami konsep dan proses publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah.


Dengan di adakannya kegiatan ini, bertujuan untuk peningkatan kreativitas guru-guru dalam membuat artikel ilmiah, meningkatkan daya literasi sehingga akan menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan menulis dalam artikel ilmiah, membuat artikel ilmiah hasil karya para guru-guru dapat tersebar banyak diseluruh website sehingga dapat menjadi contoh serta meningkatkan komptensi guru dalam berbagai bidang. 



Dengan berbasis PTK maka targetnya berupa melatih dan membuat pendidik menjadi peka dan cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Seorang pendidik dapat menjadi reflektif dan kritis terhadap proses pembelajaran didalam kelas, mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas.  Maupun pelaksanaan PTK dapat meningkatkan kinerja pendidik di bidang pengetahuan secara berkembang dan pesat  pada saat ini. (Reporter: JMS) 



×
Berita Terbaru Update