-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Disdikbud Balikpapan Gelar Malam Seni Budaya Sulawesi Selatan

Minggu, 21 November 2021 | November 21, 2021 WIB Last Updated 2021-11-21T06:19:18Z

Foto. Kegiatan malam kesenian kerjasama Disdikbud kota Balikpapan dan KKSS


Balikpapan (kabar-nusantara.com) -Untuk melestarikan kesenian dan budaya asli nusantara, Dinas Pendjdikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Balikpapan mengadakan pagelaran kesenian semalam yaitu pertunjukkan yang menampilkan berbagai tarian dan kesenian dari Sulawesi Selatan. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Disdikbud Kota Balikpapan yang telah melaksanakan kegiatan malam kesenian ini, " kata Ir. Adam Sinte Ketua  Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS)  kota Balikpapan. 


Adam menyampaikan bahwa Sulawesi Selatan memiliki puluhan bahkan ratusan bentuk kesenian tradisional dari mulai tarian, nyanyian, musik, pakaian bahkan kebudayaan yang sangat kaya akan nilai-nilai budaya bangsa karena itulah wajib dijaga dan dilestarikan. 


Hal yang sama disampaikan oleh Muhaimin, ST, MT Kepala Disdikbud kota Balikpapan yang mewakili Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, SE, ME bahwa pertunjukkan kesenian ini merupakan cara untuk memperkenalkan kekayaan nusantara kepada generasi muda. 

"Kita bangga karena bangsa kita kaya akan kesenian tradisional," ujar Muhaimin. 


Dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya dan kesenian tradisional daerah karena ini merupakan warisan dan peninggalan nenek moyang. 


Muhaimin menyampaikan bahwa pihak Disdikbud kota Balikpapan rutin menyelenggarakan pagelaran kesenian daerah setiap tahunnya yang diadakan secara bergiliran untuk perwakilan paguyuban yang ada di kota Balikpapan. 


Pagelaran kesenian yang diadakan pada (20/11)di halaman kantor Disdikbud Kota Balikpapan dihadiri oleh ratusan warga dan tokoh KKSS yang mengenakan baju daerah mereka. 


Acara berjalan meriah dengan diisi  penampilan tarian tradisional dari Sulawesi Selatan dan berbagai kesenian alat musik daerah yang membuat penonton semakin bersemangat untuk menyaksikan.  (are)


×
Berita Terbaru Update