-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Kalah Pilkades, di Jember SDY Nekad Blokir Akses Jalan Warga

Selasa, 30 November 2021 | November 30, 2021 WIB Last Updated 2021-11-30T13:49:16Z


Jember (kabar-nusantara.com) - Seorang calon Kepala Desa Plerean Kecamataan Sumberjambe nekat menutup sebidang tanah yang menjadi akses jalan warga di Dusun Masjid Utama dan Dusun Ragang, Pemblokiran akses dilakukan oleh pria berinsial Sdy itu karena kecewa dirinya kalah dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Dilansir dari laman kompas.com (30/11/2021)


Mediasi Sdy menutup jalan menggunakan bambu dan pohon pisang. Tak heran, warga tak bisa melewati jalan tersebut. Pihak Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sumberjambe pun sampai turun tangan dan melakukan mediasi di Balai desa.


Mediasi dihadiri oleh Perangkat Desa, Kapolsek Sumberjambe, beserta unsur Muspika lainnya. Hasilnya, Sdy yang merupakan calon petahana sepakat membuka akses jalan tersebut. Pihak Polsek Sumberjambe bersama Kanit Intelkam sempat mendatangi rumah Sdy. Mereka menyampaikan Sdy bisa legowo dengan hasil Pilkades. 


Dia juga diminta membuka kembali jalan yang diblokir itu. "Selain sepakat untuk membuka jalan, Saudara Sdy meminta maaf atas kekhilafan,” kata Kapolsek Sumberjambe AKP Istiono pada awak media, Selasa (30/11/2021).


Menurut dia, Sdy melakukan penutupan jalan karena emosi sesaat setelah kalah dalam Pilkades. Sdy berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. 
Akhirnya, pihak Muspika bersama-sama membuka dan membongkar pagar bambu serta mencabut tanaman pohon pisang dan pohon sengon yang menutup akses jalan.


Sebelumnya diberitakan pelaksaan Pilkades serentak di Kabupaten Jember digelar pada 25 November 2021 Ada 59 Desa yang menggelar pesta demokrasi level desa ini.  Selain itu, ada 214 calon Kepala Desa. Rinciannya, 190 Kades berjenis kelamin laki-laki, 24 perempuan. Serta 41 orang di antaranya merupakan calon petahanan.


Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Kalah Pilkades, Cakades di Jember Nekat Blokir Akses Jalan Warga", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/11/30/113423878/kalah-pilkades-cakades-di-jember-nekat-blokir-akses-jalan-warga?page=2.


×
Berita Terbaru Update