-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fak Kedokteran UNSOED Berhasil Cetak 3.872 dokter Humanis

Senin, 25 Oktober 2021 | Oktober 25, 2021 WIB Last Updated 2021-10-25T15:12:39Z


Purwokerto (kabar-nusantara.com) - Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Soedirman (FK Unsoed) Purwokerto telah berhasil melahirkan 3.872 dokter yang siap diterjunkan di seluruh daerah di Indonesia. Lulusan dokter terdiri dari dokter umum dan dokter gigi, telah bekerja melayani kesehatan masyarakat baik di Puskesmas, klinik juga di rumah sakit.


Tantangan pada kondisi pandemi yang menimpa di negara Indonesia tenaga dokter telah dibuktikan dengan keahliannya masing-masing dokter menjadi garda terakhir penanganan pandemi. Dekan FK Unsoed, dr. Mohamad Muklis Rudi, Sp. An menjelaskan bahwa dokter FK Unsoed harus berperan aktif dalam membantu dalam tindakan pencegahan hingga menolong pasien covid 19.


Ia menambahkan, dari kelahiranya hingga kini telah 20 tahun berdirinya FK Unsoed berkeinginan terus melayani bidang kesehatan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Selain sebagai tenaga medis di rumah sakit, tenaga dokter FK Unsoed berhasil mensukseskan kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan sebanyak 50 ribu orang.

"Apresiasi tinggi kepada lulusan kedokteran Unsoed yang telah membantu tenaga medis lainnya dalam menanggulangi wabah pandemi Covid 19. Alhamdulillah makin melandai," ujarnya bangga, seusai menghadiri kegiatan Dies Natalis FK Unsoed ke-20, Senin (25/10).


Wakil Rektor III, Dr. Kuat  Puji Prayitno, SH , M.Hum, menyatakan tenaga kesehatan seperti dokter sangatlah dibutuhkan. Di Indonesia rasio dokter masih rendah, sehingga kebutuhan akan tenaga dokter masih sangat besar.


Ia menyoroti dokter yang telah diluluskan FK Unsoed harus memiliki perbedaan dengan universitas lainnya yakni harus memiliki karakter yang humanis dan bisa menjadi agen peningkatan perekonomian di masyarakat.

"Ada 5 % Puskesmas di Indonesia belum punya dokter. Kita punya kesempatan besar mencetak dokter yang berkualitas," pintanya.   (Dwi Kurnia Budi)


×
Berita Terbaru Update